Resep Ayam Bacem Anti Gagal

Lucas Robbins   01/09/2020 00:15

Ayam Bacem
Ayam Bacem

Lagi mencari inspirasi resep ayam bacem yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bacem yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bacem, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ayam bacem enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Ayam goreng bacem jogja enak lainnya. Ayam Bacem Densus adalah MRE (Meal Ready To Eat) atau kata lainnya Siap Saji sehingga anda dapat saja langsung menyajikan dan menyantap produk kami saat diterima. Baceman merupakan menu makanan favorit khas Indonesia.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ayam bacem sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Ayam Bacem memakai 11 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Ayam Bacem:
  1. Ambil 1 ekor ayam
  2. Gunakan 500 ml air kelapa
  3. Ambil Bumbu halus
  4. Sediakan 5 siung bawang merah
  5. Sediakan 5 siung bawang putih
  6. Gunakan 1.5 sdm ketumbar
  7. Gunakan 2 butir gula merah
  8. Siapkan Secukupnya garam
  9. Gunakan 5 lembar daun salam
  10. Siapkan Secukupnya air
  11. Gunakan sesuai selera Kecap

Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem. Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Lihat juga resep Ayam kalasan tahu tempe bacem enak lainnya.

Langkah-langkah membuat Ayam Bacem:
  1. Haluskan bumbu bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, gula merah
  2. Siapkan air kelapa, ayam dan bumbu halus jadi satu, tambahkan kecap sesuai selera.
  3. Ungkep ayam sampai empuk. Apabila air sudah menyusut ayam belum empuk, silakan air ditambah. Tes rasa.
  4. Setelah ayam empuk. Ayam sudah siap digoreng untuk disajikan.

Resep ini yang datang dari jawa tengah, resep ayam goreng bumbu bacem. Biasanya kita lebih sering menemui masakan tempe bacem, ternyata bukan hanya tempe yang bisa dibacem, ayam pun juga bisa. Istilah bacem sendiri adalah suatu proses pengawetan suatu makanan. Baceman atau bacem sendiri merupakan sajian makanan khas dari daerah Jawa Tengah & Yogyakarta sebelah timur (Mataraman). Sebetulnya bacem ini merupakan cara pengolahan makanan yang awalnya berfungsi untuk mengawetkan produk, biasanya tempe dan tahu.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ayam Bacem yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved