Cara Gampang Menyiapkan Ayam bumbu bacem Anti Gagal

Irene Cobb   26/06/2020 13:13

Ayam bumbu bacem
Ayam bumbu bacem

Anda sedang mencari ide resep ayam bumbu bacem yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bumbu bacem yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Jadi ceritanya ini menggabungkan antara dua bumbu ungkepan ayam goreng, bumbu kuning dan bumbu bacem. Lihat juga resep Ayam goreng bacem tanpa air kelapa enak lainnya. Cara memasak ayam dengan mudah serta cukup sederhana tetapi memiliki cita rasa yang enak berkesan, tentu tidak ada salahnya untuk dicoba.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bumbu bacem, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ayam bumbu bacem yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ayam bumbu bacem sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam bumbu bacem menggunakan 18 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ayam bumbu bacem:
  1. Ambil 1 ekor ayam potong
  2. Gunakan 1 bungkul gula merah
  3. Gunakan kecap bango
  4. Siapkan air kelapa
  5. Sediakan sereh
  6. Sediakan daun jeruk
  7. Siapkan daun salam
  8. Ambil bumbu halus
  9. Gunakan 5 siung bawang merah
  10. Gunakan 7 siung baper
  11. Siapkan merica
  12. Ambil tumbar
  13. Gunakan kunyit
  14. Siapkan jahe
  15. Siapkan laos
  16. Sediakan garem
  17. Sediakan royco
  18. Sediakan micin(skip kalau g suka)

Satu resep sederhana yang tidak pernah orang Indonesia akan bosan menikmatinya - ayam bumbu bacem! Royco Kaldu Ayam dan Bango Kecap Manis kali ini bahu menciptakan satu harmoni dengan rasa gurih, manis, dan memanjakan pada resep ayam bumbu bacem. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam bumbu bacem:
  1. Tumis bumbu halus sampai harum
  2. Masukkan ayam biar meresap bumbunya diamkan sebentar
  3. Tambahkan air kelapa, masukkan kecap serah,gula merah,daun jeruk,daun salam masak dengan api kecil sampai 1 jam
  4. Jika air sudah habis tes rasa dan siap di hidangkan

Spesialisasinya apalagi jika bukan ayam bacem yang gendut, berwarna coklat gelap dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang-tulangnya. Dilengkapi dengan lalapan dan sambal terasi goreng yang rasanya top markotop, meminjam istilah Pak Bondan. Hmm, saya selalu usahakan di awal bulan untuk mampir membeli ayam bacem Mbok. Nah jika Anda suka dengan resep bacem tempe ataupun tahu bacem, tak perlu susah untuk membuatnya, karena sebenarnya cukup simple juga kok caranya. Bacem adalah menu masakan sehari-hari yang sering dibuat orang.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ayam bumbu bacem yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved