Bagaimana Menyiapkan Ayam Goreng Sambal Bawang yang Sempurna

Adeline Riley   04/09/2020 08:39

Ayam Goreng Sambal Bawang
Ayam Goreng Sambal Bawang

Sedang mencari inspirasi resep ayam goreng sambal bawang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng sambal bawang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Buletin; Memang Berbaloi Pakej Penginapan STAY-Kawtim, MAKAN Unlimited, Hotel Sunway Putra Kuala Lumpur. Anda hanya membutuhkan cabai, tomat, gula Jawa, dan garam. Meski memiliki nama sambal bawang, menu pendamping ini diolah tidak memakai bawang.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam goreng sambal bawang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan ayam goreng sambal bawang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat ayam goreng sambal bawang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Goreng Sambal Bawang memakai 13 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ayam Goreng Sambal Bawang:
  1. Gunakan 12 potong Ayam
  2. Sediakan 1 siung Bawang putih, parut
  3. Siapkan 1/2 sdt Merica bubuk
  4. Siapkan 1 sdm Kecap asin
  5. Gunakan 1/2 sdt Kaldu jamur
  6. Siapkan 2 sdm Tepung bumbu serbaguna
  7. Siapkan 2 sdm Tepung kanji
  8. Ambil Bahan sambel :
  9. Siapkan 11 biji Cabe rawit
  10. Siapkan 2 siung bawang merah
  11. Ambil 1/2 sdt Garam
  12. Sediakan 1/2 sdm Gula pasir
  13. Siapkan 4 sdm Minyak panas

Jika anda penikmat sambal dan ingin membuat sambal dalam jumlah banyak tapi males ngulek cobalah sambal terasi dari Jawa Barat ini. Hari ini saya menyediakan sambal hati ayam goreng selepas kawan Encik Hubby memberikan lidah lembu dan hati ayam kepada dia. Jadi kerana tak mahu membazir atau membuang nya begitu sahaja, saya dengan dibantu oleh pengasuh cucunda saya telah setuju untuk memasak sambal hati ayam goreng. Sangat sedap walaupun saya hanya menjamah sedikit sahaja.

Cara menyiapkan Ayam Goreng Sambal Bawang:
  1. Campur bawang putih, merica, kaldu jamur, kecap, beri tepung bumbu dan kanji. Lalu balur ayam, aduk hingga adonan nyemek basah sendiri jangan dikasi air. Diamkan sejenak
  2. Goreng deep fry hingga matang, angkat
  3. Ulek bahan sambel lalu tuang minyak panas
  4. Sajikan dengan nasi panas

KOMPAS.com - Sambal bawang jadi salah satu sambal paling populer di Indonesia. Sambal bawang biasanya menjadi topping ayam geprek. Sensasi pedas sambal bawang yang cenderung kuat, cocok untuk para penggemar pedas. Uleg kasar semua bahan, lalu tambahkan. Kini saya kongsikan pula resepi Ayam Masak Sambal yang digandingkan dengan nasi minyak itu.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ayam Goreng Sambal Bawang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved