Bagaimana Membuat Bacem Tempe, Tahu, Ayam, Sempurna

Terry Parker   01/11/2020 07:55

Bacem Tempe, Tahu, Ayam
Bacem Tempe, Tahu, Ayam

Sedang mencari ide resep bacem tempe, tahu, ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bacem tempe, tahu, ayam yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Assalamu'alaikum,,, menu makan siang hari ini. aku bikin Kluban Sayur, goreng tempe, bacem ayam sama bikin peyek rebon 😁 dari kapan pengin bikin bacem ayam, tapi baru kesampean hari ini. rasanya legitt,, resep sampe dalem bumbunya 🤤 sebenernya bumbunya ya sama kayak bacem tahu/tempe. Bagi yang berasal dari Jogja atau pernah tinggal di daerah sekitarnya dan Jawa Tengah pasti tak asing dengan menu ini. Memiliki tampilan khas berwarna coklat gelap dan rasa manis yang legit, sajian bacem ini tak pernah membosankan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bacem tempe, tahu, ayam, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan bacem tempe, tahu, ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan bacem tempe, tahu, ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Bacem Tempe, Tahu, Ayam memakai 13 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Bacem Tempe, Tahu, Ayam:
  1. Siapkan 1/2 kg Ayam, potong sesuai selera
  2. Gunakan 5 bh Tahu Kulit, potong jd 10
  3. Siapkan 1 papan Tempe, potong jd 8
  4. Siapkan Bumbu :
  5. Gunakan 6 bh Bawang Merah
  6. Gunakan 4 siung Bawang Putih
  7. Gunakan 1 sdt Ketumbar
  8. Gunakan Bumbu yg tdk dihaluskan :
  9. Gunakan 3 lbr Daun Salam
  10. Gunakan 2 ruas Lengkuas
  11. Siapkan 3 butir Gula Jawa/Gula Aren
  12. Sediakan 1 sdm Garam
  13. Ambil 100 ml Kecap

Bahan makanan umumnya tempe, tahu, telor, dan atau ayam direndam dalam air gula supaya lebih awet. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa. Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem.

Cara menyiapkan Bacem Tempe, Tahu, Ayam:
  1. Masukkan semua bahan, beri air hingga terrendam semua. Masak dengan api sedang agar bumbu meresap. Sy lupa foto 😞
  2. Masak hingga kurang lbh 1 jam, sampai air menyusut. Ini sudah sy pindah ke panci. Sy masaknya di wajan, spy gampang bolak balikinnya bacem ini.
  3. Kalo saya suka makan langsungan begini ga pake digoreng dulu. 😁 potongan ayamnya kecil², krn klo kegedean kurang mantep buat sy, bumbunya ga sampe ke dalem² dagingnya klo potongannya kegedean. Tahunya pun sy potong kecil. Tp ini kekecilan, klo ga dipotong pun kegedean. Tahu galau ceritanya.

Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana. Ahh , kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke. Nah jika Anda suka dengan resep bacem tempe ataupun tahu bacem, tak perlu susah untuk membuatnya, karena sebenarnya cukup simple juga kok caranya. Bacem adalah menu masakan sehari-hari yang sering dibuat orang. Apabila Anda sudah bisa membuatnya, pasti tidak akan kesulitan untuk membuat jenis.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Bacem Tempe, Tahu, Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved