Cara Gampang Menyiapkan Ayam goreng bacem, Enak Banget

Georgie Saunders   07/11/2020 10:52

Ayam goreng bacem
Ayam goreng bacem

Sedang mencari inspirasi resep ayam goreng bacem yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng bacem yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Ayam goreng bacem tanpa air kelapa enak lainnya. Resep Ayam Bacem Goreng Enak - Bacem merupakan salah satu hidangan atau masakan yang kerap ditemukan di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya, termasuk Jogjakarta. Selain itu, bacem juga dapat diartikan sebagai salah satu proses untuk mematangkan bahan makanan yang dilakukan dengan cara dimasak.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam goreng bacem, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam goreng bacem yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam goreng bacem yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam goreng bacem menggunakan 11 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ayam goreng bacem:
  1. Siapkan 1/2 kilo ayam potong sesuai selera
  2. Siapkan 5 siung bawang putih
  3. Sediakan 8 siung bawang merah
  4. Sediakan 2 butir kemiri
  5. Siapkan 1 ruas kunyit
  6. Ambil 1 sdt tumbar
  7. Ambil secukupnya Garam
  8. Siapkan 2 lembar Daun jeruk
  9. Ambil 5 lembar Daun salam
  10. Gunakan 3 sendok makan gula merah
  11. Sediakan 1 sendok makan kecap

Hmm, saya selalu usahakan di awal bulan untuk mampir membeli ayam bacem Mbok. Resep ini yang datang dari jawa tengah, resep ayam goreng bumbu bacem. Biasanya kita lebih sering menemui masakan tempe bacem, ternyata bukan hanya tempe yang bisa dibacem, ayam pun juga bisa. Istilah bacem sendiri adalah suatu proses pengawetan suatu makanan.

Cara menyiapkan Ayam goreng bacem:
  1. Cuci sampai bersih ayam lalu siapkan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dan tumbar ulek bumbu hingga halus
  2. Masuk kan ke panci ayam dan bumbu beri air kurang lebih sampai ayam terendam masuk kan daun jeruk daun salam gula merah kecap dan garam
  3. Rebus ayam hingga bumbu meresap
  4. Setelah meresap goreng ayam lalu tiriskan siap di hidangkan yuk mamam

Untuk membuat ayam bacem goreng istimewa ternyata tidaklah sulit. Cara pengolahan dan pembuatan masakan ini tak jauh berbeda dengan proses pembuatan tahu ataupun tempe yang dibacem. Dengan adanya paduan dari daging ayam yang lembut serta bumbu khas yang manis dan gurih, menjadikan olahan ini bisa menjadi menu. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ayam goreng bacem yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved