Bagaimana Menyiapkan Ayam Tahu Bacem Anti Gagal

Bertha Cox   11/11/2020 04:08

Ayam Tahu Bacem
Ayam Tahu Bacem

Lagi mencari ide resep ayam tahu bacem yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam tahu bacem yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam tahu bacem, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ayam tahu bacem yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Assalamu'alaikum,,, menu makan siang hari ini. aku bikin Kluban Sayur, goreng tempe, bacem ayam sama bikin peyek rebon 😁 dari kapan pengin bikin bacem ayam, tapi baru kesampean hari ini. rasanya legitt,, resep sampe dalem bumbunya 🤤 sebenernya bumbunya ya sama kayak bacem tahu/tempe. Actually bacem is a way to make the meal stay longer, in this case for tofu and tempeh. They marinated them with spices then cook for sometime.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam tahu bacem yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam Tahu Bacem memakai 17 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ayam Tahu Bacem:
  1. Sediakan 1 ekor ayam pejantan potong bagi 8
  2. Ambil 1 tahu putih potong 4
  3. Ambil 1/2 sdt kunyit bubuk
  4. Ambil 4 lembar daun salam
  5. Ambil 1 sdm ketumbar bubuk
  6. Ambil 1,5 sdm gula merah
  7. Gunakan 4-5 sdm kecap manis
  8. Siapkan Air kelapa dari 1 butir kelapa
  9. Gunakan 1/2 sdm kaldu ayam bubuk
  10. Sediakan Secukupnya garam, lada
  11. Gunakan 1/2 sdm asam jawa peras dengan air
  12. Ambil 3 sdm minyak
  13. Siapkan Bumbu halus
  14. Siapkan 6 siung bawang merah
  15. Ambil 3 siung bawang putih
  16. Sediakan 2 butir kemiri sangrai
  17. Sediakan 1 ruas jari jahe

Makanan ini berasal dari Jawa Tengah tepatnya dari daerah Yogyakarta. Bagi yang berasal dari Jogja atau pernah tinggal di daerah sekitarnya dan Jawa Tengah pasti tak asing dengan menu ini. Memiliki tampilan khas berwarna coklat gelap dan rasa manis yang legit, sajian bacem ini tak pernah membosankan. Dinikmati bersama nasi sayur lodeh, pecel, gudeg, sop, bahkan dicemil begitu saja juga nikmat!

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Tahu Bacem:
  1. Tumis bumbu halus, kunyit, ketumbar, daun salam hingga bumbu matang
  2. Masukan ayam, air kelapa, lada, kaldu ayam bubuk masak hingga ayam matang, masukan gula merah, air asam jawa, garam, kecap manis, koreksi rasa, masak hingga air agak menyusut
  3. Masukan tahu, masak kembali hingga air tinggal sedikit dan bumbu meresap ke tahu. Siap dihidangkan dengan sambal bawang.

Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa. Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem. Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana. Ahh , kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ayam Tahu Bacem yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved