Resep Donat kentang Gluten free (Tepung Mokaf) Anti Gagal

Isabella Jacobs   07/10/2020 08:15

Donat kentang Gluten free (Tepung Mokaf)
Donat kentang Gluten free (Tepung Mokaf)

Sedang mencari inspirasi resep donat kentang gluten free (tepung mokaf) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal donat kentang gluten free (tepung mokaf) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Pengen nyoba donat resep gluten free. Tapi stok tepung mocaf tinggal sedikit jadinya kombinasi dengan tepung terigu. Kebetulan ada ubi kuning jadi sekalian aja dieksekusi.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari donat kentang gluten free (tepung mokaf), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan donat kentang gluten free (tepung mokaf) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah donat kentang gluten free (tepung mokaf) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Donat kentang Gluten free (Tepung Mokaf) memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Donat kentang Gluten free (Tepung Mokaf):
  1. Gunakan 2 buah pisang kepok mateng
  2. Ambil 200 gr kentang
  3. Siapkan 150 gr tepung mokaf
  4. Ambil 2 sdm susu bubuk kedelai
  5. Gunakan 1/2 sdt garam himalaya
  6. Sediakan 10 gr gula stevia
  7. Gunakan 5 sdm air hangat
  8. Ambil 3 sdm minyak kelapa (barco)
  9. Ambil 50 gr gula aren organic
  10. Ambil 1 sdt cinnamon bubuk

Resep ini modifikasi dari resep ibu fadhilatulip. Yaitu, tepung kentang halus dan kasar. Tepung kentang halus bisa langsung digunakan. Sementara tepung kentang kasar harus dilarutkan dengan sedikit air dahulu sehingga membentuk bubur kentang.

Langkah-langkah menyiapkan Donat kentang Gluten free (Tepung Mokaf):
  1. Kupas dan Potong2 kentang, lalu rebus dan dihaluskan sampai lumat. Hancurkan pisang dengan garpu sampai lumat (pisang sekaligus memberi rasa manis yg alami terhadap donat)
  2. Campur pisang dan kentang yg sudah lumat td. Tambahkan gula stevia, dan tepung mokaf sedikit demi sedikit. Tambahkan susu bubuk kedelai yg sudah dicampur dgn air hangat, terakhir tambahkan minyak kelapa kedalam adonan. Aduk hingga merata lalu diamkan selama 30 menit.
  3. Timbang adonan per 40gr kemudian bentuk bulat dan bolongin bagian tengahnya. Adonan yg sudah dicetak siap untuk digoreng
  4. Campurkan gula aren dan cinnamon, balurkan donat yg sudah digoreng kedalam topping gula aren.

Tepung kentang dapat diolah menjadi donat, pancake, dan perkedel. Tepung kentang Sumber Foto : Pixabay. Jika melihat dari teksturnya, tepung kentang memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu tepung kentang halus dan kasar. Untuk tepung kentang halus, kamu bisa menggunakannya secara langsung. Lain halnya dengan tepung kentang kasar yang harus dilarutkan terlebih dahulu dengan sedikit air.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Donat kentang Gluten free (Tepung Mokaf) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved