Resep Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem yang Menggugah Selera

Glen Gordon   14/08/2020 16:19

Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem
Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem

Lagi mencari inspirasi resep ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Nah jika Anda suka dengan resep bacem tempe ataupun tahu bacem, tak perlu susah untuk membuatnya, karena sebenarnya cukup simple juga kok caranya. Bacem adalah menu masakan sehari-hari yang sering dibuat orang. Apabila Anda sudah bisa membuatnya, pasti tidak akan kesulitan untuk membuat jenis.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem menggunakan 19 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem:
  1. Gunakan 1 ekor ayam
  2. Ambil Tahu
  3. Siapkan Tempe
  4. Gunakan Bumbu halus
  5. Ambil 4 siung bawang putih
  6. Sediakan 8 siung bawang merah
  7. Siapkan 2 butir kemiri
  8. Ambil 2 ruas jahe
  9. Ambil Ketumbar
  10. Siapkan Bumbu lain
  11. Sediakan Serai
  12. Ambil Daun salam
  13. Ambil Daun jeruk
  14. Ambil Asam jawa
  15. Siapkan Gula jawa
  16. Sediakan Garam
  17. Gunakan Lengkuas
  18. Gunakan Kecap manis
  19. Gunakan Blueband

Dalam panci, masukan air kelapa, air putih, bumbu halus, daging ayam, kecap, laos, daun salam, kaldu jamur, masak dengan api sedang hingga air menyusut sambil sesekali diaduk. Ayam bacem bakar siap disajikan bersama lalapan. Apa aja bisa di bacem.dari ayam.tahu.tempe.daging.babat usus.banyak dech. Bagi yang berasal dari Jogja atau pernah tinggal di daerah sekitarnya dan Jawa Tengah pasti tak asing dengan menu ini.

Cara membuat Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem:
  1. Cuci bersih ayam dan tahu. Haluskan bumbu halus. Tata di panci. Pertama daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas. Lalu ayam. Baru tempe dan tahu. Lalu tuang bumbu halus. Masukkan juga gula, garam, asam jawa, dan air
  2. Tutup panci dan masak dgn api sedang sampai harum. Kl sudah harum dikasih kecap. Bs dibalik dgn hati2 lalu tutup lagi. Masak sampai kuah menyusut
  3. Setelah kuah menyusut koreksi rasa ayam. Lalu angkat ayam. Buang daun2nya dan pakai sisa kuah tadi untuk olesan saat membakar. Letakkan di mangkok dan campur sisa kuah td dengan blueband
  4. Bakar ayam dan tahu tempe sampai warnanya coklat sambil diolesin bumbu olesan. Bisa juga dibakar dgn teflon.
  5. Taraaa ayam bakar sudah siap santap. Siap menghabiskan byk nasi. Cocok dimakan dgn sambal dan lalapan.

Memiliki tampilan khas berwarna coklat gelap dan rasa manis yang legit, sajian bacem ini tak pernah membosankan. Dinikmati bersama nasi sayur lodeh, pecel, gudeg, sop, bahkan dicemil begitu saja juga nikmat! Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa. Assalamu'alaikum,,, menu makan siang hari ini. aku bikin Kluban Sayur, goreng tempe, bacem ayam sama bikin peyek rebon 😁 dari kapan pengin bikin bacem ayam, tapi baru kesampean hari ini. rasanya legitt,, resep sampe dalem bumbunya 🤤 sebenernya bumbunya ya sama kayak bacem tahu/tempe.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved