Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam Geprek Sambel Mattah yang Enak

Leah Campbell   02/08/2020 06:20

Ayam Geprek Sambel Mattah
Ayam Geprek Sambel Mattah

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam geprek sambel mattah yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam geprek sambel mattah yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ayam geprek dengan perpaduan sambal matah khas daerah Bali ini pasti sangat menggiurkan. Terlebih bagi kamu yang menyukai makanan pedas. Yuk, segera coba resep satu ini.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam geprek sambel mattah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ayam geprek sambel mattah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat ayam geprek sambel mattah yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Geprek Sambel Mattah memakai 15 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ayam Geprek Sambel Mattah:
  1. Siapkan Bahan ayam geprek:
  2. Sediakan 250 gr daging ayam fillet
  3. Sediakan Bawang putih bubuk
  4. Ambil 1 bungkus tepung sajiku serbaguna
  5. Sediakan secukupnya Garam, lada bubuk
  6. Gunakan secukupnya Air
  7. Siapkan Bahan sambel mattah:
  8. Siapkan 10-15 buah Cabe rawit (sesuai selera)
  9. Gunakan 6 siung bawang merah
  10. Sediakan 2 siung bawang putih
  11. Sediakan 2 batang sereh
  12. Gunakan 2-3 lembar daun jeruk
  13. Ambil 2 iris jeruk nipis
  14. Gunakan secukupnya Garam, gula
  15. Sediakan 50 ml minyak goreng panas

Ditambah dengan sambal Matah yang segar membuat Ayam Geprek Sambal Matah ala Sajiku® Mama menjadi semakin istimewa. Bunda bingung siapkan lauk apa untuk keluarga? Bagaimana dengan resep ayam geprek sambal matah yang satu ini? Goreng ayam yg sudah di beri tepung bumbu tadi.

Cara membuat Ayam Geprek Sambel Mattah:
  1. Daging ayam fillet marinasi dengan 3 sdm tepung sajiku + 1/2 sdt bawang putih bubuk, 1/2 sdt garam, dan lada bubuk secukupnya, beri sedikit air. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit.
  2. Siapkan tepung sajiku serbaguna kering untuk lapisan kering. Masukkan daging ayam yg sudah dilumuri marinasi, kemudian, remas2 seperti biasa membuat ayam krispi.. untuk resep ayam crispy (fried chicken) ada di resep saya dibawah2 ya. Hehe.. panaskan minyak lalu goreng dengan api sedang saja. Agar matang merata. Jika sudah kecoklatan tiriskan.
  3. Siapkan bahan sambel mattah. Semua bahan sambel mattah di iris2 tipis ya. Tambahkan garam dan gula secukupnya, beri perasan jeruk nipis 2 iris. kemudian panaskan minyak goreng lalu siram kedalam sambal. Aduk2 sampai gula dan garam larut.
  4. Geprek ayam krispinya kemudian beri sambel mattah diatasnya.

Sambil menunggu ayam matang buat sambal geprek. Ulek cabai rawit dan bawang putih, beri garam, gula, penyedap. Jika ayam sudah matang taruh ayam di cobek sambal, geprek dengan sambal. Anda bisa mencoba membuat resep di membuat ayam geprek sambal matah di rumah. Masakan pedas menjadi salah satu jenis makanan yang sangat digemari khususnya oleh orang Indonesia.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat ayam geprek sambel mattah yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved