Resep Ayam Bacem Bakar yang Enak Banget

Helena Hopkins   27/08/2020 16:18

Ayam Bacem Bakar
Ayam Bacem Bakar

Lagi mencari ide resep ayam bacem bakar yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bacem bakar yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bacem bakar, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ayam bacem bakar yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Kali ini stock ayam bacemnya dibakar. Sentuhan akhir ayam ini bisa goreng atau bakar, karena lg ngurangin minyak jd dibakar aja. Btw utk baceman ayam kali ini sy tambahin jahe sama kunyit, biasanya kalo bikin baceman tahu tempe tanpa jahe dan kunyit.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ayam bacem bakar yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Bacem Bakar memakai 15 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam Bacem Bakar:
  1. Gunakan 1/2 ekor ayam
  2. Sediakan 2 keping gula merah
  3. Gunakan 300 ml air kelapa
  4. Siapkan 400 ml air
  5. Sediakan secukupnya Garam
  6. Ambil Minyak untuk menumis
  7. Sediakan secukupnya Kecap
  8. Ambil 1 ruas lengkuas, geprek
  9. Gunakan 3 lembar daun salam
  10. Gunakan Bumbu halus:
  11. Ambil 5 siung bawang merah
  12. Sediakan 3 siung bawang putih
  13. Ambil 3 butir kemiri
  14. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk
  15. Siapkan 1/2 sdt jinten

Kali ini Kita akan mencoba sebuah resep ayam bakar dengan menggunakan bumbu macem yang gurih dan lezat. ayam bacem bakar enak. Cobalah bereksperimen dengan mencoba banyak resep ayam yang baru, jangan monoton mengolah daging ayam yang itu itu saja. Jangan takut salah dan rasanya tidak enak, yang penting praktek terus. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta.

Langkah-langkah membuat Ayam Bacem Bakar:
  1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam dan lengkuas. Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
  2. Masukkan air, air kelapa, gula merah, garam dan kecap. Aduk rata, masak dengan api sedang kecil hingga air menyusut. Sering bolak balik agar ayam coklat merata, tutup sesekali agar ayam empuk hingga dalam. Tes rasa.
  3. Jika sudah menyusut, panggang ayam diatas teflon hingga agak hitam kulitnya. Sering bolak-balik ya biar ga gosong. Angkat dan sajiakan

Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa. Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem. Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana. Ahh , kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke. Ternyata cukup mudah bukan cara membuat ayam goreng dengan bumbu bacem diatas.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam bacem bakar yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved