Resep Ayam Bacem yang Bisa Manjain Lidah

Teresa Erickson   09/07/2020 22:09

Ayam Bacem
Ayam Bacem

Lagi mencari inspirasi resep ayam bacem yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bacem yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Ayam goreng bacem jogja enak lainnya. Baceman merupakan menu makanan favorit khas Indonesia. Ayam Bacem Densus adalah MRE (Meal Ready To Eat) atau kata lainnya Siap Saji sehingga anda dapat saja langsung menyajikan dan menyantap produk kami saat diterima.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bacem, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ayam bacem enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ayam bacem sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Ayam Bacem menggunakan 12 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Ayam Bacem:
  1. Siapkan 1/2 ekor ayam, potong 4
  2. Siapkan Bumbu Halus
  3. Siapkan 1 sdt ketumbar sangrai
  4. Gunakan 5 bawang merah
  5. Gunakan 3 bawang putih
  6. Sediakan Bumbu tambahan
  7. Sediakan 3 cm Lengkuas, iris tipis
  8. Ambil 4 biji asam jawa
  9. Sediakan 4 lembar daun salam
  10. Siapkan 4 sdm irisan gula jawa
  11. Ambil 6 sdm kecap manis
  12. Gunakan Garam, kaldu jamur

Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem. Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana. Ahh , kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta.

Cara menyiapkan Ayam Bacem:
  1. Tumis bumbu halus dan bumbu tambahan hingga harus, masukkan air (atau air kelapa) 500 ml, cicipi
  2. Masukkan ayam, ungkep dengan api kecil hingga ayam empuk dan bumbu merasuk
  3. Goreng ayam dengan minyak sedikit, sebentar aja agar ayam tetap empuk
  4. Sajikan

Lihat juga resep Ayam kalasan tahu tempe bacem enak lainnya. Resep ini yang datang dari jawa tengah, resep ayam goreng bumbu bacem. Biasanya kita lebih sering menemui masakan tempe bacem, ternyata bukan hanya tempe yang bisa dibacem, ayam pun juga bisa. Istilah bacem sendiri adalah suatu proses pengawetan suatu makanan. Nah jika Anda suka dengan resep bacem tempe ataupun tahu bacem, tak perlu susah untuk membuatnya, karena sebenarnya cukup simple juga kok caranya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam bacem yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved