Resep Kerapu Tim Kecap Asin, Lezat Sekali

Herbert Morris   09/09/2020 22:54

Kerapu Tim Kecap Asin
Kerapu Tim Kecap Asin

Sedang mencari ide resep kerapu tim kecap asin yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kerapu tim kecap asin yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kerapu tim kecap asin, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan kerapu tim kecap asin enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Resep ikan tim (kukus) kecap asin adalah resep masakan ikan yang sangat mudah dibuat. Meski dibuat dengan bahan yang minimalis, tapi resep ikan tim kecap asin punya cita rasa yang begitu menggoda selera. Lihat juga resep Tim Ikan Kerapu enak lainnya.. bawang putih, iris, jahe, iris korek api, daun bawang, iris serong, daun jeruk, cabe rawit merah, kecap asin Nila Iswahyudi.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan kerapu tim kecap asin sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Kerapu Tim Kecap Asin menggunakan 9 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Kerapu Tim Kecap Asin:
  1. Siapkan 1 ekor ikan kerapu (saya pakai skitar 7ons)
  2. Sediakan 1/2 buah bawang bombay
  3. Gunakan 3 ruas jahe
  4. Siapkan 4 buah bawang putih
  5. Gunakan 2 buah cabe gendut
  6. Siapkan 5 lembar daun jeruk
  7. Ambil 2 sdm kecap asin
  8. Siapkan 2 sdm kecap ikan
  9. Gunakan 1 sdm minyak wijen/ olive oil

Sajikan tim ikan kecap asin anda selagi masih hangat agar lebih nikmat. Jangan lupa sajikan bersama dengan nasi agar lebih sedap. Demikian tadi adalah sebuah resep seafodd dengan bahan utama berupa daging ikan kerapu. Resep ikan tim ini biasa dimasak di rumah mertua & selalu ludes!

Langkah-langkah membuat Kerapu Tim Kecap Asin:
  1. Bersihkan sisik dan isi ikan kerapu. Belah bagian tengahnya. Cuci bersih.
  2. Iris serong cabe gendut. Iris jahe ujuran korek api. Iris bawang putih, iris panjang bawang bombay. Sisihkan
  3. Letakkan jahe, bawang putih, dan daun jeruk di dalam perut ikan/ di bagian atas ikan. Kukus selama 5 menit. Angkat. Buang airnya utk menghilangkan amis.
  4. Tambahkan, cabe gendut dan bawang bombay. Siram dengna kecap asin, kecap ikan, dan minyak wijen/olive oil. Kukus lagi selama 10 menit. Angkat dan sajikan! ❤️

Tuang air lalu aduk rata hingga mendidih dan biarkan masak beberapa saat. Panaskan air, kecap asin, minyak wijen, gula pasir, dan merica hingga mendidih lalu tuang ke atas ikan. Mau masak ikan tp biar cepat dan ringkes 😅 apalagi buat sarapan. Panaskan saos kecap di atas api bentar, lalu tuang di atas ikan. Jadi deh tim ikan ala restaurant 😋😋..

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat kerapu tim kecap asin yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved