Langkah Mudah untuk Membuat Sup Ayam Merah (Angkhak) Anti Gagal

Minnie Stevenson   25/09/2020 12:37

Sup Ayam Merah (Angkhak)
Sup Ayam Merah (Angkhak)

Anda sedang mencari inspirasi resep sup ayam merah (angkhak) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sup ayam merah (angkhak) yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sup ayam merah (angkhak), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sup ayam merah (angkhak) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Sup Ayam Merah (Angkak),,, simple & enak. Lihat juga resep Sup Ayam Angkak / Ayam Merah enak lainnya. Banyak manfaat dari makanan tersebut karena dari angkaknya, untuk menyembuhkan DBD, menurutkan tekanan darah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sup ayam merah (angkhak) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sup Ayam Merah (Angkhak) menggunakan 6 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sup Ayam Merah (Angkhak):
  1. Siapkan 1 ekor ayam kampung ukuran kecil
  2. Ambil 1 liter air
  3. Ambil secukupnya Beras merah (angkhak)
  4. Sediakan Seruas jahe
  5. Gunakan secukupnya Garam
  6. Gunakan Wolfberry secukupnya (skip juga gpp)

Ayam bangkok yang sedang masa tenang,lebih bagus jika kita berikan. Panaskan minyak goreng, masukkan bawang sampaii harum, aduk. Masukkan ayam, aduk sampai warnanya merah. Saya masak sup ayam ini buat anak saya.

Langkah-langkah menyiapkan Sup Ayam Merah (Angkhak):
  1. Rebus air hingga mendidih.
  2. Masukkan jahe (diiris tipis) dan ayam yang sudah dibersihkan.
  3. Masukkan garam dan angkhak (ini beras khusus ya, bukan beras merah utk masak nasi). Biarkan mendidih sejenak, kuah baru akan terlihat berwarna. Koreksi rasa.
  4. Saat ayam sudah empuk, masukkan wolfberry. Biarkan mendidih sejenak. Matikan kompor.

Karena anak saya pernah demam sampai kejang.sampai saya trauma 🤣🤣. Bukan cara saya menyediakan sup yang biasa yang mana saya akan tumis darat. Tumis darat ialah saya menumis bawang, halia dan rempah sup terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kuah sup. Kuah Ayam Merah atau Kuah Ayam Angkak adalah masakan Kuah dengan bahan Ayam Kampung dan angkak. Angkak (bahasa Tionghoa: 紅麴米, 红曲米; pinyin: hóng qú mǐ; lit. "red yeast rice"), red fermented rice, red kojic rice, red koji rice, atau ang-kak, yaitu beras putih jenis tertentu yang dibiakkan dengan sejenis ragi khusus selama beberapa hari sehingga mengubah warna beras menjadi merah.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sup ayam merah (angkhak) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved