Bagaimana Membuat Keumamah (Khas Aceh) yang Bisa Manjain Lidah

Jason Ramsey   17/11/2020 21:17

Keumamah (Khas Aceh)
Keumamah (Khas Aceh)

Anda sedang mencari ide resep keumamah (khas aceh) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal keumamah (khas aceh) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari keumamah (khas aceh), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan keumamah (khas aceh) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Cara Masak Mie Celor khas Palembang/ How to cook Prawn Noodles Indonesian Food. Keumamah adalah tumis ikan kayu khas aceh. Ikan kayu adalah ikan tongkol yang di rebus di jemur lalu ditaburi tepung.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah keumamah (khas aceh) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Keumamah (Khas Aceh) memakai 17 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Keumamah (Khas Aceh):
  1. Sediakan 1/2 kg ikan tongkol
  2. Ambil 1 batang sereh
  3. Sediakan secukupnya Daun temuruy (Kari)
  4. Sediakan secukupnya Garam
  5. Sediakan secukupnya Penyedap rasa
  6. Gunakan Bumbu Halus
  7. Ambil 2 siung bawang merah
  8. Gunakan 3 siung bawang putih
  9. Gunakan 1/2 Ruas kelingking kunyit
  10. Gunakan 4 buah asam sunti
  11. Siapkan 5 buah cabe rawit
  12. Sediakan 5 buah cabe merah besar
  13. Siapkan 7 buah cabe hijau besar
  14. Siapkan Iris Bumbu
  15. Gunakan 1 siung bawang putih
  16. Ambil 5 buah cabe merah besar
  17. Gunakan 5 buah cabe hijau besar

Keumamah adalah salah satu kuliner tradisional masyarakat Aceh yang dibuat dari bahan baku ikan, yaitu tongkol dan cakalang. Keumamah terkenal juga dengan nama ikan kayu karena keras seperti kayu. Ikan ini diawetkan dengan beberapa proses pembuatan. Adee meureudu merupakan sejenis kue khas Aceh yang populer di daerah Meureudu, Pidie Jaya.

Langkah-langkah menyiapkan Keumamah (Khas Aceh):
  1. Pertama Tama ikan direbus (dikukus) saya d rebus, setelah matang tiriskan
  2. Kemudian ikan disuwir suwir
  3. Panaskan minyak makan kemudian masukan bumbu iris,dan sereh
  4. Kemudian masukan bumbu blender dan daun temuruy tumis hingga harum
  5. Tambahkan sedikit Air…
  6. Setelah sedikit air mengering…masukan ikan tongkol yang telah disuwir
  7. Masak hingga matang, tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya
  8. Sajikan bersama Nasi Hangat 😋😋😋Mantulll

Biasanya untuk menambah citarasa keumamah saat dimasak menjadi hidangan pelengkap, akan. Keumamah merupakan masakan khas Aceh lainnya dengan cita rasanya yang sangat nikmat. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan tongkol atau ikan tuna. Keumamah bisa menjadi oleh-oleh utama diberkunjung ke Aceh (sumber GenPI.co - Bagi para wisatawan pastinya sangat asing mendengar nama kuliner khas Aceh yang satu ini yaitu, keumamah. Masakan khas Aceh juga kaya akan rempah , sehingga bumbu-bumbunya terasa selalu kuat saat disantap.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat keumamah (khas aceh) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved