Langkah Mudah untuk Membuat Daun singkong kuah santan, Enak Banget

Dennis Walker   02/08/2020 12:53

Daun singkong kuah santan
Daun singkong kuah santan

Lagi mencari ide resep daun singkong kuah santan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal daun singkong kuah santan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari daun singkong kuah santan, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan daun singkong kuah santan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Daun singkong kuah santan. daun singkong, bawang putih, bawang merah, cabe merah, ketumbar, lengkuas, daun salam, Santan kental Ibu Bibie Shaf. Lihat juga resep Daun singkong kuah santan sederhana enak lainnya. Cara Membuat Daun Singkong Kuah Santan Pedas - Daun singkong adalah salah satu tumbuhan yang yang dapat dikonsumsi.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah daun singkong kuah santan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Daun singkong kuah santan memakai 14 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Daun singkong kuah santan:
  1. Gunakan Daun singkong segar
  2. Gunakan 1 sdt kemiri
  3. Ambil 1 sdt ketumbar
  4. Sediakan 1 buah kunyit
  5. Ambil 2 lembar daun salam
  6. Sediakan 1/2 lengkuas
  7. Ambil 1 buah sereh
  8. Sediakan 5 sdm santan bubuk/cair
  9. Siapkan 3 siung bawang merah
  10. Siapkan 3 siung bawang putih
  11. Siapkan Bawang goreng
  12. Gunakan 6 buah cabai rawit
  13. Gunakan 1 sdt garam
  14. Ambil 1/2 sdt gula

Resep Sayur Daun Singkong - Daun singkong memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita seperti, sebagai sumber tenaga, membantu proses metabolisme tubuh, sumber antioksidan, meregenerasi sel-sel tubuh, dan juga membantu proses pencernaan. Menu masakan dengan menggunakan santan adalah salah satu jenis masakan yang cukup populer di Indonesia, mulai dari bahan dasar daging, ikan, telur, dan. Setelah santan anda mendidih lanjutkan dengan memasukan daun singkong yang telah di potong kasar ke dalam wajan sembari terus diaduk. Berikan perasa makanan berupa garam, gula serta penyedap masakan ke dalam sajian daun singkong anda sehingga lebih terasa sedap dan gurih ketika disantap.

Cara membuat Daun singkong kuah santan:
  1. Cuci bersih daun singkong dan potong sesuai selera
  2. Haluskan kemiri, ketumbar, kunyit, bawang merah, dan bawang putih
  3. Geprek lengkuas dan sereh
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga mengeluarkan aroma
  5. Masukkan lengkuas, sereh, dan daun salam. Aduk rata dan wangi
  6. Masukkan daun singkong ke dalam tumisan. Tambahkan air matang kurang lebih 2 gelas
  7. Masukkan santan dan aduk terus hingga mendidih.
  8. Terakhir masukkan cabai rawit (boleh di iris boleh tidak), garam, dan gula
  9. Angkat dan taruh di dalam mangkok. Taburkan dengan bawang goreng

Selain itu, rasa daun singkong juga sedikit pahit sehingga tidak cocok jika dibuat menjadi sup dengan kuah bening. Itulah sebabnya daun ketela lebih sering dibuat resep makanan bersantan. Menurut data pangan Kemenkes RI , daun singkong yang segar, mengandung berbagai nutrisi, mulai dari protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral penting. Lihat juga resep Sayur Santan Daun Singkong + Tempe enak lainnya! Salah satu menu favorit ♡ Daun Singkong selain kaya serat juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh kita!

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat daun singkong kuah santan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved