Resep Donat Irit (Tanpa Telur & Susu, Tanpa Ulen) yang Bikin Ngiler

Mary Diaz   02/08/2020 11:21

Donat Irit (Tanpa Telur & Susu, Tanpa Ulen)
Donat Irit (Tanpa Telur & Susu, Tanpa Ulen)

Sedang mencari ide resep donat irit (tanpa telur & susu, tanpa ulen) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal donat irit (tanpa telur & susu, tanpa ulen) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Donat Empuk Irit Tanpa Telur & Susu Tanpa Ulen. Lihat juga resep Donat / roti / adonan tanpa ulen tanpa mixer tanpa tenaga ekstra. Beberapa hari terakhir aku dan suami suka bgt makan donat, paa bgt lagi pulang kampung jd bikin aja donat nya biar hemat semua bisa makan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari donat irit (tanpa telur & susu, tanpa ulen), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan donat irit (tanpa telur & susu, tanpa ulen) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah donat irit (tanpa telur & susu, tanpa ulen) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Donat Irit (Tanpa Telur & Susu, Tanpa Ulen) memakai 7 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Donat Irit (Tanpa Telur & Susu, Tanpa Ulen):
  1. Ambil 250 gram tepung terigu cakra
  2. Ambil 1 sdt ragi instan
  3. Gunakan 130 ml air hangat (jgn panas nanti ragi mati)
  4. Gunakan 1/2 sdm SP, ditim dulu
  5. Ambil 2 sdm gula pasir
  6. Sediakan 2 sdm margarin
  7. Sediakan Sedikit garam & vanili

Lihat juga resep Donat empuk ekonomis enak lainnya. Donat terbuat dari kombinasi tepung terigu, kuning telur, dan gula. Tapi buat kamu yang nggak suka telur atau tidak bisa makan telur, bisa lho membuat kreasi donat tanpa telur. Tanpa telur pun donat tetap terasa lezat, nikmat, empuk dan spesial.

Langkah-langkah menyiapkan Donat Irit (Tanpa Telur & Susu, Tanpa Ulen):
  1. Masukkan 1 sdm gula pada takaran gula ke dalam air hangat. Aduk. Masukkan ragi instan aduk sebentar. Diamkan 10 menit. Jika berbuih tandanya ragi bagus dan aktif. Jika tdk berbuih jgn dipakai, ganti yg baru soalnya nanti donatnya jd bantat.
  2. Dalam wadah besar masukkan semua sisa bahan kecuali margarin. Tuang air ragi sedikit2 sambil diaduk dg spatula. Terakhir masukkan margarin, ulen asal rata saja. Bulatkan.
  3. Tutup wadah dg serbet. Diamkan 30 menit sampai mengembang. Biasanya kalau cuaca panas cpt mengembangnya. Kalo lagi mendung ya agak lama. Ini tadi cuaca mendung jd ngembangnya sampe 1 jam lebih. Itu sebelum dan sesudahnya.
  4. Pindah ke meja bersih atau wadah lebar. Uleni sebentar supaya udara di dlmnya keluar, taburi sedikit tepung. Gilas adonan setebal 1 cm, cetak dg cetakan donat. Atau bentuk bulat2 lalu bulatkan tengahnya. Tiap donat kalau mau bentuk taburi tepung dulu ya.
  5. Diamkan lagi 15-30 menit sampai mengembang. Panaskan minyak api sedang. Goreng, ketika bawahnya sudah kecoklatan langsung balik, cukup sekali balik saja ya supaya gak banyak nyerap minyak. Goreng hingga matang. Angkat, tiriskan.
  6. Sajikan dg taburan gula halus atau topping sesuai selera.
  7. Dalamnya lembut, empuk. Donat saya bentuknya kebesaran ahaha. Gak punya cetakan donat jd asal bagi aja :p

Umumnya Resep Donat terbuat dari tepung terigu, ragi, telur, mentega dan juga gula. Namun, saat ini tak jarang banyak juga yang menambahkan kentang kukus kedalam adonannya. Bukan tanpa alasan, karena donat yang terbuat dari kentang akan memberikan tekstur yang lebih lembut dibanding dengan donat terigu. Cara Bikin Donat Lembut Tanpa Telur dan Mixer, Ini Resepnya. Mencicipi donat lembut (Foto: Instagram @resepjajananpasar) JAKARTA, iNews.id - Donat menjadi salah satu camilan yang digemari banyak orang.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Donat Irit (Tanpa Telur & Susu, Tanpa Ulen) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved