Cara Gampang Menyiapkan Daun Singkong Santan yang Enak Banget

Katherine Chapman   10/11/2020 19:38

Daun Singkong Santan
Daun Singkong Santan

Sedang mencari inspirasi resep daun singkong santan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal daun singkong santan yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Pucuk jawaw bakacak (Daun singkong yg diremas) + leunca kuah santan enak lainnya. daun singkong (yam/cassava/sweet potato leaves). These are sold as yam leaves in my nearby Asian market. For this specific dish, kale is the best substitute if you cannot find daun singkong in your grocery store. coconut milk; ground coriander (Indonesian: bubuk ketumbar) ground turmeric (Indonesian: bubuk kunyit).

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari daun singkong santan, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan daun singkong santan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan daun singkong santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Daun Singkong Santan memakai 19 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Daun Singkong Santan:
  1. Ambil 2 ikat daun singkong
  2. Sediakan Segenggam teri
  3. Siapkan Bumbu halus:
  4. Sediakan 10 siung bawang merah
  5. Siapkan 4 siung bawang putih
  6. Ambil 10 buah cabe rawit
  7. Sediakan 1 buah tomat
  8. Siapkan 1 ruas kunyit
  9. Siapkan 1 ruas jahe
  10. Gunakan 1 ruas kencur
  11. Ambil 1 ruas lengkuas
  12. Sediakan 3 lembar daun salam
  13. Ambil 2 lembar daun jeruk purut
  14. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk
  15. Ambil 1/2 sdt lada bubuk
  16. Siapkan 3 butir kemiri
  17. Sediakan Secukupnya garam
  18. Siapkan Secukupnya gula
  19. Ambil 1 butir kelapa utuh untuk santan

Berdasarkan artikel-artikel yang pernah saya baca di internet, daun singkong juga mempunyai segudang manfaat antara lain : mencegah penyakit tulang, mengobati reumatik, meningkatkan daya tahan tubuh, anti kanker, mempercepat pemulihan luka, mengatasi sakit kepala dan masih banyak lagi. Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama daun salam, lengkuas, dan ebi hingga harum.

Langkah-langkah menyiapkan Daun Singkong Santan:
  1. Rebus daun singkong beri garam sedikit kurleb 20 menit jangan terlalu empuk. Setelah matang peras terus potong-potong.
  2. Haluskan semua bumbu kecuali daun salam, daun jeruk, garam dan gula.
  3. Parut kelapa dan peras.
  4. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk dan teri hingga harum. Setelah harum masukkan santan hingga mendidih lalu masukkan daun singkong, garam dan gula (cek rasa) aduk dan tunggu hingga mendidih.
  5. Angakt dan siap dihidangkan.

Masukkan irisan daun singkong, masak hingga bumbu meresap dan santan menyusut. Jika sudah angkat sayur, kemudian taburi. Setelah santan anda mendidih lanjutkan dengan memasukan daun singkong yang telah di potong kasar ke dalam wajan sembari terus diaduk. Berikan perasa makanan berupa garam, gula serta penyedap masakan ke dalam sajian daun singkong anda sehingga lebih terasa sedap dan gurih ketika disantap. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan daun singkong santan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved