Cara Gampang Menyiapkan Ikan Keumamah yang Bisa Manjain Lidah

Georgia Cook   08/07/2020 10:50

Ikan Keumamah
Ikan Keumamah

Sedang mencari ide resep ikan keumamah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan keumamah yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan keumamah, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan ikan keumamah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Keumamah "Ikan Kayu" Recipe Bersihkan ikan tongkol sisik,cuci hingga bersih Lalu baluri dengan garam dan jeruk nipis Cuci kembali hingga. Ikan-ikan ini dipotong dengan tujuan mempercepat proses pengeringan. Penyimpanan Ikan kayu yang telah jadi disimpan dalam suatu wadah atau tempat yang dapat menjaga keawetan keumamah.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ikan keumamah yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ikan Keumamah menggunakan 13 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Ikan Keumamah:
  1. Ambil 3 bungkus tongkol asap (bisa pake tongkol segar juga, bebas aja)
  2. Siapkan 15-20 lembar daun temuruy
  3. Ambil 3 butir bawang merah, iris
  4. Sediakan 2 sdm cabai merah giling
  5. Gunakan Secukupnya garam gula
  6. Gunakan Secukupnya kaldu jamur
  7. Ambil Bumbu halus
  8. Ambil 5 siung bawang merah
  9. Gunakan 3 siung bawang putih
  10. Gunakan 1 ruas jahe
  11. Siapkan 1 sdt kunyit bubuk
  12. Ambil 1 sdt ketumbar
  13. Gunakan 2 sdm air jeruk lemon

Umpan ikan mas memang tersedia di beberapa toko ikan dan toko pancing, namun dengan membuat sendiri tentu akan lebih murah. Sejarahnya orang Aceh dulu saat perang menyimpan ikan keumamah dan dendeng, artinya dalam. Keumamah adalah salah satu kuliner tradisional masyarakat Aceh yang dibuat dari bahan baku ikan, yaitu tongkol dan cakalang. Keumamah terkenal juga dengan nama ikan kayu karena keras seperti kayu.

Cara membuat Ikan Keumamah:
  1. Suwir2 tongkol sampai halus, sisihkan
  2. Tumis bawang merah, daun kari, dan cabe giling, aduk rata
  3. Masukkan bumbu halus, tumis sampai harum & matang
  4. Bumbui dengan garam, gula, dan kaldu jamur, beri air sedikit saja
  5. Masukkan ikan suwir aduk merata
  6. Diamkan sambil sesekali diaduk sampai meresap
  7. Siap disajikan

Ikan ini diawetkan dengan beberapa proses pembuatan. Nama kuliner satu ini masih asing terdengar ditelinga. Keumamah merupakan kuliner yang terbuat dari olahan bahan ikan tuna yang sebelumnya direbus serta. Find stockbilleder af Ikan Keumamah Acehnese Traditional Food Made i HD og millionvis af andre royaltyfri stockbilleder, illustrationer og vektorer i Shutterstocks samling. Download Now. saveSave Resep Keumamah Ikan Kayu Dan Ayam Tangkap For Later.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ikan Keumamah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved