Bagaimana Membuat Keumamah Aceh, Sempurna

Nathan Greene   23/06/2020 20:53

Keumamah Aceh
Keumamah Aceh

Sedang mencari inspirasi resep keumamah aceh yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal keumamah aceh yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Keumamah "Ikan Kayu" Recipe Bersihkan ikan tongkol sisik,cuci hingga bersih Lalu baluri dengan garam dan jeruk nipis Cuci kembali hingga. Lihat juga resep Abon ikan tongkol ala aceh (keumamah) enak lainnya. Kelezatan dan kegurihan Keumamah Ikan kayu khas Aceh membuat disukai banyak orang. karena gulai ini sangat lemak, sebaiknya di santaap dengan nasi pulen yang panas.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari keumamah aceh, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan keumamah aceh enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat keumamah aceh yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Keumamah Aceh menggunakan 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Keumamah Aceh:
  1. Ambil 250 gram tongkol/tuna
  2. Sediakan haluskan:
  3. Gunakan 5 butir cabe rawit
  4. Sediakan 8 butir bawang merah
  5. Ambil 2 butir bawang putih
  6. Gunakan 1 sd ketumbar
  7. Sediakan 5 butir asam sunti
  8. Siapkan 1 jempol jahe
  9. Siapkan 1 jempol kunyit
  10. Ambil Rajang:
  11. Siapkan 3 batang cabe merah
  12. Ambil 3 batang cabe hijau
  13. Siapkan daun kari (dipetik dari tangkainya)
  14. Ambil secukupnya gula & garam
  15. Sediakan sedikit minyak untuk menumis

Keumamah adalah salah satu kuliner tradisional masyarakat Aceh yang dibuat dari bahan baku ikan, yaitu tongkol dan cakalang. Keumamah terkenal juga dengan nama ikan kayu karena keras seperti kayu. Ikan ini diawetkan dengan beberapa proses pembuatan. Dendeng Aceh terbuat dari daging sapi yang diiris tipis lalu dikeringkan dan dicampur berbagai bumbu dan Anda bisa membawa pulang oleh-oleh keumamah yang telah selesai dikeringkan, bahkan.

Langkah-langkah menyiapkan Keumamah Aceh:
  1. Goreng ikan setegah kering lalu suwir-suwir
  2. Panaskan minyak lalu goreng daun kari hingga agak kering, setelah itu masukkan bumbu tumis dan rajang
  3. Setelah bumbu setengah matang, masukkan ikan y sudah disuwir
  4. Tambahkan gula dan garam, koreksi rasa
  5. Masak hingga kuah susut dan mengering
  6. Sajikan dengan nasi hangat

SECOND ONE : Asam sunti. you make it from Bilimbi/Cucumber tree that have been dried in the sun for almost a week. the color of asam sunti will be dark brown. it really special seasoning from Aceh's. Nama kuliner satu ini masih asing terdengar ditelinga. Keumamah merupakan kuliner yang terbuat dari olahan bahan ikan tuna yang sebelumnya direbus serta. Kebudayaan Aceh meliputi budaya Aceh Rumah Adat, Pakaian, Upacara Perkawinan, Upacara Peusijeuk, Tarian, Senjata, Makanan, Suku, Bahasa Daerah, Lagu Daerah Nanggroe Aceh. Keumamah merupakan masakan khas Aceh lainnya dengan cita rasanya yang sangat nikmat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Keumamah Aceh yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved