Langkah Mudah untuk Menyiapkan Tuna Keumamah (khas Aceh), Lezat

Gertrude Tate   22/10/2020 12:29

Tuna Keumamah (khas Aceh)
Tuna Keumamah (khas Aceh)

Lagi mencari ide resep tuna keumamah (khas aceh) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal tuna keumamah (khas aceh) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Peunajoh Aceh di episode kali ini berkunjung ke dapurnya Papah Gadrie Kitchen dan belajar masak langsung sama Chef Papah. Keumamah adalah tumis ikan kayu khas aceh. Ikan kayu adalah ikan tongkol yang di rebus di jemur lalu ditaburi tepung.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tuna keumamah (khas aceh), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan tuna keumamah (khas aceh) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan tuna keumamah (khas aceh) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Tuna Keumamah (khas Aceh) menggunakan 12 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Tuna Keumamah (khas Aceh):
  1. Gunakan 1 kg ikan tuna
  2. Siapkan 10 siung bawang merah
  3. Sediakan 2 siung bawang putih
  4. Gunakan 10 buah cabe merah
  5. Ambil 20 buah cabe rawit
  6. Gunakan 1 sdm ketumbar butir
  7. Sediakan 15 biji asam sunti (blimbing wuluh yg dikeringkan)
  8. Gunakan 1 ruas kunyit
  9. Gunakan 200 cc minyak utk menumis
  10. Gunakan Daun kari (daun temuru)
  11. Gunakan 2 siung bawang merah iris
  12. Gunakan 10 buah cabe hijau..patah kan jd 2

Mie Aceh merupakan salah satu kuliner khas Aceh yang paling ikonik. Mie satu ini mulai mudah ditemukan di kota-kota besar di Indonesia. Eungkot keumamah merupakan masakan yang terbuat dari ikan tuna atau ikan tongkol. Ikan biasanya akan direbus, dibalur dengan abu dapur, dan.

Cara membuat Tuna Keumamah (khas Aceh):
  1. Potong2 ikan..buang kepala..cuci bersih
  2. Beri perasan jeruk nipis dan garam
  3. Rebus atau kukus ikan sampai matang
  4. Tiriskan..tunggu sampai dingin (bole masukan kedalam lemari es)
  5. Suir2 ikan (kasar2 aj) sambil buang duri dan tulang yg masi menempel
  6. Blender semua bumbu..kecuali bawang merah iris dan daun kari
  7. Panaskan wajan..beri minyak goreng..masukin bawang merah iris sampai harum.. Lalu masukan bumbu halus.. Aduk sampai harum.. Kemudian masukan ikan yg udah di suir tadi..lalu masukan cabe hijau yg sudah dipatah2kan..Beri sdikit air.. Jgn bnyk..beri garam sesuai selera
  8. Aduk sampai agak kering..masukan cabe hijau yg dipatah2 kan.. Lebih baik klo agak berminyak.. Klo kurang bole tambah minyak lg..
  9. Selamat mencoba..

Aceh merupakan salah satu wilayah yang berada di ujung barat Indonesia dan beberapa tahun silam terkena bencana Tsunami yang menghabiskan seluruh wilayahnya. Akan tetapi bencana yang melanda tidak membuat penduduk menjadi putus asa. Keumamah merupakan masakan khas Aceh lainnya dengan cita rasanya yang sangat nikmat. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan tongkol atau ikan tuna yang dikeringka dengan cara dijemur, lalu direbus dan kemudian disalai. Makanan Tradisional Khas Aceh - Aceh yang terkenal sebagai Kota Serambi Mekkah memang terkenal akan adat dan budayanya yang kaya dan unik.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Tuna Keumamah (khas Aceh) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved