Langkah Mudah untuk Menyiapkan Keumamah / ikan tuna Anti Gagal

Louis Snyder   06/08/2020 12:05

Keumamah / ikan tuna
Keumamah / ikan tuna

Lagi mencari ide resep keumamah / ikan tuna yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal keumamah / ikan tuna yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari keumamah / ikan tuna, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan keumamah / ikan tuna yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Ikan Tuna merupakan ikan laut pegagik yang termasuk bangsa Thunini. Ikan ini terdiri dari beberapa spesies dalam famili Scombride, khusus nya Thunnus. Selain itu, tuna juga sangat pandai dalam hal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan keumamah / ikan tuna sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Keumamah / ikan tuna menggunakan 19 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Keumamah / ikan tuna:
  1. Sediakan 1500 gr ikan tuna rebus dan suir2
  2. Ambil 2 genggam bawang merah blender
  3. Gunakan 15 butir bawang putih / blender
  4. Ambil 120 gr cabe merah / blender
  5. Siapkan 2 genggam asam sunti / blender
  6. Ambil 100 gram cabe rawit /blender
  7. Sediakan 2 jari kunyit / blender
  8. Siapkan 2 cm jahe / blender
  9. Ambil 10 tangkai daun kari / daun koja
  10. Siapkan 3 batang sere
  11. Gunakan 5 lembar daun salam
  12. Ambil 2 lembar daun pandan
  13. Siapkan 2 bawang merah iris
  14. Sediakan 400 ml minyak makan
  15. Sediakan 3 biji cabe merah patahkan 3 cm
  16. Gunakan 3 biji cabe Ijo patahkan 3 cm
  17. Ambil 30 biji cabe rawit ijo
  18. Siapkan Gula
  19. Siapkan Garam

Keumamah adalah tumis ikan kayu khas aceh. Ikan kayu adalah ikan tongkol yang di rebus di jemur lalu ditaburi tepung. Ikan tuna sering disamakan dengan ikan salmon. Kedua ikan ini memang kerap hadir bersama Manfaat ikan tuna yang utama adalah sebagai sumber protein.

Langkah-langkah membuat Keumamah / ikan tuna:
  1. Panaskan minyak masukan bawang merah iris daun kari, daun pandan,daun salam,sere tunggu wangi keluar tuang bumbu blender
  2. Nunggu bumbu mengering baru masukkan ikan tuna yg sudah disuir2 + garam dan gula.aduk Pelan2 biarkan bumbu meresap masukkan cabe Ijo,merah dan rawit.koreksi rasa sebelum dimatikan api.

Lihat juga resep Abon ikan tongkol ala aceh (keumamah) enak lainnya. Nama kuliner satu ini masih asing terdengar ditelinga. Keumamah merupakan kuliner yang terbuat dari olahan bahan ikan tuna yang sebelumnya direbus serta. Pengin Beli Ikan Tuna Di Pasar kemudian dimasak ? Di Pasar ikan laut dunia umumnya pelanggan akan mencari stok ikan tuna sirip biru dan kuning karena memang kedua jenis ikan ini merupakan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan keumamah / ikan tuna yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved