Resep Keumamah basah (tongkol) khas aceh yang Sempurna

Allen Bryant   05/07/2020 03:54

Keumamah basah (tongkol) khas aceh
Keumamah basah (tongkol) khas aceh

Sedang mencari inspirasi resep keumamah basah (tongkol) khas aceh yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal keumamah basah (tongkol) khas aceh yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari keumamah basah (tongkol) khas aceh, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan keumamah basah (tongkol) khas aceh enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Ikan Keumamah salah satu makanan khas aceh. Bahan : Ikan tongkol rebus suir suir Minyak Garam Daun Kari Cabai Rawit Bumbu Halus : Asam Sunti Bp Bm Cabai. Divideo kali ini aku akan membagikan salah satu resep masakan khas Aceh " KEUMAMAH", yang terbuat dari ikan Tongkol atau Tuna.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah keumamah basah (tongkol) khas aceh yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Keumamah basah (tongkol) khas aceh menggunakan 15 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Keumamah basah (tongkol) khas aceh:
  1. Ambil 4 ekor tongkol kecil (rebus dan di suir suir)
  2. Siapkan Bumbu halus
  3. Ambil 7 bawang merah
  4. Siapkan 3 bawang putih
  5. Gunakan Sedikit jahe
  6. Ambil 5 cabe merah
  7. Sediakan 15 cabe rawit
  8. Gunakan Segenggam asam sunti (sesuai selera apabila tidak suka asam)
  9. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk
  10. Gunakan 1/2 sdt kunyit bubuk
  11. Ambil Pelengkap
  12. Siapkan 2 bawang merah untuk menumis
  13. Ambil 1 bh sereh
  14. Ambil 1 daun salam
  15. Gunakan 1 tangkai daun kari

Kelezatan dan kegurihan Keumamah Ikan kayu khas Aceh membuat disukai banyak orang. karena Ini boleh di bilang rumah makan terbesar yang menyajikan berbagai masakan tradisional Aceh. Resep Membuat Keumamah Ikan kayu khas Aceh. Salah satunya adalah masakan khas Aceh berbahan dasar ikan laut. Ikan tongkol yang dijadikan bahan masakan berasal dari ikan yang telah dikeringkan selama beberapa hari Untuk dimasak sebagai keumamah, umumnya masyarakat Aceh memakai teknik memasak ditumis kering basah.

Langkah-langkah membuat Keumamah basah (tongkol) khas aceh:
  1. Blender bumbu halus. Sisihkan. Suir tongkol. Pada wajan Beri minyak untuk menumis (saya agak banyak). Masukkan bawang merah iris, daun kari, sereh, daun salam.
  2. Kemudian masukkan bumbu halus. Aduk rata… Beri air sedikit pada blender bekas bumbu tadi lalu masukkan ke wajan. Tunggu hingga mendidih keumamahnya. Sekali kali diaduk.agar tidak hangus bawahnya. Tambahkan garam.
  3. Apabila sudah keluar minyak berarti keumamahnya sudah matang dan agak kering.

KEUMAMAH KALENG MAKJAR BANDA ACEH, memiliki proses yang panjang sebelum sampai di tangan konsumen. Masakan khas Aceh juga kaya akan rempah , sehingga bumbu-bumbunya terasa selalu kuat saat disantap. Mulai dari rasa gurih, asam, dan pedas dikombinasikan dengan bahan utama yang lezat. Nah, jika kamu sedang ingin menyantap kuliner Aceh tapi tak bisa menemukan warung makan yang tepat. Gulai berlemak ini membuat setiap orang yang menikmatinya, akan merasa ketagihan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Keumamah basah (tongkol) khas aceh yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved