Resep Tumis Keumamah Tuna Asam Sunti yang Lezat

Beatrice McCarthy   14/11/2020 14:58

Tumis Keumamah Tuna Asam Sunti
Tumis Keumamah Tuna Asam Sunti

Sedang mencari ide resep tumis keumamah tuna asam sunti yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal tumis keumamah tuna asam sunti yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tumis keumamah tuna asam sunti, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan tumis keumamah tuna asam sunti yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Keumamah adalah salah satu kuliner tradisional masyarakat Aceh yang dibuat dari bahan baku ikan, yaitu tongkol (Suree) dan cakalang (sisek) dlm bahasa aceh. Sebenarnya masakan ini tidak pakai ikan kayu (Keumamah), ikan tongkol olahan khas Aceh yg keras dan tahan disimpan lama. Cuma cara menumisnya sama dengan masak keumamah jadi diberi nama tumis keumamah.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah tumis keumamah tuna asam sunti yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Tumis Keumamah Tuna Asam Sunti memakai 8 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Tumis Keumamah Tuna Asam Sunti:
  1. Sediakan 500 gr Ikan tuna rebus/bakar suir
  2. Gunakan 20 lembar Daun kare
  3. Sediakan 30 gram Bawang merah
  4. Sediakan 30 gram Bawang putih
  5. Siapkan 20 gram Cabe merah
  6. Sediakan 1 cm Jahe
  7. Ambil 60 gr Asam sunti
  8. Sediakan secukupnya Garam

Keumamah Asam Sunti is one of Indonesian cuisine made from chopped tuna or tongkol. Selamat mencoba 😊. talk about the typical Keumamah recipe aceh / wooden fish (tuna). SECOND ONE : Asam sunti. you make it from Bilimbi/Cucumber tree that have been dried in the sun for almost a week. the color of asam sunti will be dark tuna's fish and fried it into well done - serve it when it's hot. if you have any question about this recipe, just ask me. i know it kinda difficult to make. Tuna adalah salah satu UKM Aceh yang bergerak di bidang kuliner khususnya kuliner khas Aceh seperti Keumamah, Abon Ikan, Ikan Asin, Asam Sunti Aceh, Kerupuk Tenggiri ,dll UD.

Cara membuat Tumis Keumamah Tuna Asam Sunti:
  1. Siapkan ikan tuna suir. Tuna bisa direbus, dikukus atau bakar. Lalu daging disuir-suir. Kali ini saya pakai tuna bakar yg disuir.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe dan cabe merah. Secara terpisah, haluskan asam sunti dengan air hingga jadi pasta yg lembut.
  3. Goreng tuna suir dengan minyak goreng hingga kekuningan. Jgn sampai kering karena akan keras dan tiriskan.
  4. Tumis bahan halus (bawang, cabe, jahe) dan daun kare dengan minyak yg banyak hingga wangi. Setelah itu masukkan ikan tuna suir yg telah digoreng tadi. Aduk merata dan tunggu beberapa saat.Jangan lupa tambahkan garam secukupnya.
  5. Tambahkan pasta asam sunti. Ke dalam masakan. Aduk pelan hingga mengering.
  6. Jika telah mengering dan mengkilat, matikan api dan masakan siap dihidangkan.

Persis seperti bentuknya, ikan keumamah terbuat dari ikan tuna yang telah direbus dan. Campur semua bahan lalu tumis dengan satu cangkir minyak yang telah. Jakarta - Mie Aceh dan martabak Aceh merupakan dua makanan populer yang dikenal banyak orang. Namun selain hidangan tersebut, Aceh juga memiliki berbagai sajian lezat dengan bumbu rempah kuat. Selain rempah, bumbu dapur khas Aceh terdiri dari asam sunti (belimbing wuluh kering), u lhe.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Tumis Keumamah Tuna Asam Sunti yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved