Langkah Mudah untuk Menyiapkan Orek Tempe, Lezat Sekali

Verna Ortega   14/07/2020 14:43

Orek Tempe
Orek Tempe

Anda sedang mencari inspirasi resep orek tempe yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal orek tempe yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari orek tempe, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan orek tempe enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Orek tempe basah ini tidak terlalu kering dan tidak terlalu tipis seperti kering tempe. Rasanya dominan manis, gurih, dan tingkat kepedasan bisa diatur sesuai selera sehingga anak-anak tetap bisa makan 😍. Cocok sebagai lauk pendamping nasi uduk, nasi kuning, ataupun nasi lain untuk tasyakuran.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah orek tempe yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Orek Tempe menggunakan 8 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Orek Tempe:
  1. Sediakan 1/2 papan tempe, potong sesuai selera dan goreng setengah matang
  2. Siapkan 5 siung bawang putih, cincang halus
  3. Gunakan 4 siung bawang merah, cincang halus
  4. Siapkan 1 cm lengkuas, geprek
  5. Siapkan 2 lembar daun salam
  6. Ambil 4 buah cabe merah keriting
  7. Gunakan Secukupnya garam, gula, lada, kaldu, kecap manis dan saos sambal
  8. Ambil Secukupnya air

Menu klasik ini contohnya hadir di antara lauk-pauk nasi uduk yang dijual tetangga di pagi hari. Beranjak siang, kantin di kantor tidak ketinggalan menyiapkan orek tempe untuk menu nasi ramesnya. Tempe merupakan makanan asli orang Indonesia yang sangat populer. Rasa dan aroma khasnya membuat tempe jadi hidangan yang bisa dinikmati siapapun.

Cara membuat Orek Tempe:
  1. Panaskan minyak, tumis duo bawang, cabe, lengkuas dan daun salam hingga matang dan harum.
  2. Masukkan tempe yg sudah digoreng dan semua bumbu kecuali kecap dan saos sambal. Tambahkan air, aduk rata, tes rasa.
  3. Ketika air sudah mulai menyusut masukkan kecap manis dan saos sambal, masak hingga bumbu meresap dan air mengering. Sajikan.

Selain itu, tempe yang berasal dari kacang kedelai ini juga memiliki khasiat yang sangat baik buat kesehatan, salah satunya protein nabati. Salah satu variasi masakan tempe favorit adalah tempe yang digoreng kering lalu dibumbui pedas manis, atau. Orek tempe, menu makanan tradisional yang mudah dibuat untuk tiap suasana Orek tempe adalah makanan tradisional yang mudah dibuat di rumah. Berasal dari tanah Jawa, ini adalah olahan tempe yang dipotong-potong kecil dan dimasak dengan gula serta kecap. Resep cara membuat orek tempe, salah satu menu yang sangat populer di warteg.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Orek Tempe yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved