Bagaimana Menyiapkan Chicken Karaage (ayam bumbu balut tepung), Enak Banget

Shawn Romero   10/11/2020 12:55

Chicken Karaage (ayam bumbu balut tepung)
Chicken Karaage (ayam bumbu balut tepung)

Sedang mencari inspirasi resep chicken karaage (ayam bumbu balut tepung) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal chicken karaage (ayam bumbu balut tepung) yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep Chicken Karaage (ayam bumbu balut tepung). Olahan goreng ayam tepung yang praktis, mudah dibuat, tidak terlalu banyak bumbu. Chicken karaage adalah salah satu masakan populer di jepang, dikenal juga sebagai japanese fried chicken.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari chicken karaage (ayam bumbu balut tepung), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan chicken karaage (ayam bumbu balut tepung) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah chicken karaage (ayam bumbu balut tepung) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Chicken Karaage (ayam bumbu balut tepung) memakai 12 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Chicken Karaage (ayam bumbu balut tepung):
  1. Ambil Bumbu Perendam
  2. Ambil 4 sdm kecap asin (shoyu)
  3. Sediakan 30 gr jahe parut
  4. Sediakan 4 siung bawang putih
  5. Ambil 1/2 sdt garam
  6. Sediakan 1/2 sdt merica bubuk
  7. Sediakan Bahan Ayam
  8. Sediakan 600 gr fillet daging ayam, potong dadu
  9. Sediakan 100 gr tepung terigu serbaguna
  10. Gunakan 75 gr tepung maizena
  11. Ambil Secukupnya minyak goreng
  12. Gunakan Pelengkap jeruk lemon (saya skip lagi kehabisan)

Rasa gurihnya menggigit dan bikin ketagihan. Karaage merupakan teknik memasak khas Jepang, di mana bahan makanan dimasak melalui dua tahap penggorengan. Meskipun memasaknya melalui dua tahap penggorengan, pembuatan chicken karaage tidaklah susah dan cukup gampang untuk dicoba. Jika sering bersantap di gerai fastfood Jepang atau membeli produk olahan ayam frozen, pasti Anda sudah tidak asing dengan sajian ini.

Langkah-langkah membuat Chicken Karaage (ayam bumbu balut tepung):
  1. Campur bumbu Perendam, aduk rata. Baluri daging ayam dengan bumbu, simpan dalam lemari es sekitar 30 menit.
  2. Aduk rata tepung terigu dan maizena. Sisihkan 1/3 bagian campurkan secukupnya dengan air, aduk rata, untuk tepung basah. Baluri ayam satu per satu dengan tepung kering lalu celupkan ke tepung basah dan gulingkan ke tepung kering lagi, hingga terbalut rata.
  3. Goreng ayam tepung dalam minyak banyak dan panas hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  4. Pindahkan ke piring saji dan hidangkan dengan nasi hangat 😍😘

Chicken karage adalah fillet ayam balut tepung bumbu yang digoreng krispi. Bagian ayam yang biasa digunakan yaitu bagian paha karena dagingnya lebih lembut dan juicy walau digoreng deepfry sampai garing luarnya. Karaage, merupakan teknik memasak ala Jepang untuk aneka jenis masakan - umumnya daging dan ikan - yang dimasak dengan cara deep fried alias digoreng dengan menggunakan minyak yang banyak. Potongan-potongan kecil makanan direndam dalam bumbu yang terbuat dari soy sauce, bawang putih, dan/atau jahe, kemudian di lumuri dengan tepung terigu atau tepung kentang dan digoreng kering. Ayam balut tepung memiliki lapisan luar yang renyah dan rasanya sangat enak.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Chicken Karaage (ayam bumbu balut tepung) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved