Cara Gampang Menyiapkan Pempek Ayam yang Enak Banget

Herman Fitzgerald   19/11/2020 21:32

Pempek Ayam
Pempek Ayam

Sedang mencari ide resep pempek ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek ayam yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Pempek ayam lenjer (chicken sticks) Place chicken breast, shallot, garlic, and ice cold water in a food processor. Ground into a smooth paste, then transfer to a large mixing bowl and set aside. In a small sauce pot, boil together water, salt, sugar, anchovy/dashi stock granules, and fish sauce.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek ayam, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan pempek ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan pempek ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Pempek Ayam menggunakan 15 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Pempek Ayam:
  1. Siapkan 200 gr tepung terigu
  2. Sediakan 200 gr daging ayam
  3. Gunakan 200 gr tepung tapioka
  4. Ambil 1 siung bawah putih
  5. Gunakan 1 butir telur
  6. Ambil 1/2 sun kara tube
  7. Siapkan secukupnya Penyedap rasa
  8. Siapkan Timun
  9. Ambil Cuko
  10. Sediakan 250 gram gula merah
  11. Gunakan 100 gram ebi kering
  12. Ambil 5 buah cabai rawit
  13. Sediakan 4 siung bawang putih, haluskan
  14. Siapkan 4 sendok makan cuka putih
  15. Sediakan 1 liter air

Wokeh sekarang menuju ke resep pempek ayam yang saya share kali ini. Pempek memang paling sedap jika terbuat dari daging ikan, rasa ikan yang gurih terasa lebih strong dibandingkan ayam yang lebih mild. Tapi weekend lalu saya tidak memiliki fillet ikan, hendak mempreteli daging ikan bawal di freezer akan menghabiskan banyak waktu dan saya tidak memiliki tenaga untuk itu. Memang tak senikmat pempek dari ikan, tapi bagi yang tak suka ikan, pempek ayam bisa jadi pilihan cemilan yang sedap.

Langkah-langkah menyiapkan Pempek Ayam:
  1. Potong kecil-kecil ayam lalu cuci bersih biarkan 1/2 beku letakkan di freezer agar proses blendernya lebih mudah.
  2. Blender ayam + telur & bawang putih hingga halus. Sisihkan
  3. Rebus santan dan penyedap hingga mendidih aduk-aduk jangan sampai santan pecah. (1/2 kara tube ditambahkan air sesuai selera)
  4. Kecilkan api lalu tambahkan terigu aduk dengan cepat. Selanjutnya matikan kompor.
  5. Selanjutnya pindahkan adonan tepung dalam wadah tunggu sampai dirasa hangat. Lalu masukan blenderan ayam tadi & tapioka. Uleni hingga kalis.
  6. Didihkan air dalam panci beri minyak goreng sedikit agar pempek tidak lengket satu sama lain. Lumuri tangan dengan tapioka lalu ambil secukupnya adonan kemudian bentuk sesuai selera kemudian masukan ke air yang sudah mendidih.Biarkan hingga mengapung. Angkat lalu tiriskan. Biarkan dingin terlebih dulu.
  7. Kuah cuko : Blender cabe rawit, bawang putih, serta ebi hingga halus. Lalu masukkan semua bahan, rebus hingga mendidih. Angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu.
  8. Panaskan minyak lalu masukan pempek goreng dengan api sedang. Angkat lalu tiriskan.
  9. Sajikan pempek dengan kuah cuko dan mentimun.

Potong kecil-kecil lalu giling dengan chopper atau food processor. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Pempek lenjer ayam udang. foto: Instagram/@dapur.sisters. Lihat juga resep Mpek- mpek udang adaan dan isi telur enak lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pempek Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved