Resep Tongkol Balado Simpel, Menggugah Selera

Amanda Schmidt   25/09/2020 05:15

Tongkol Balado Simpel
Tongkol Balado Simpel

Sedang mencari inspirasi resep tongkol balado simpel yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tongkol balado simpel yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Paling senang kalau ibu memasak masakan ini. Meskipun bukan termasuk sajian khusus setiap Lebaran, tetapi setiap mudik masakan ini sering dibuat ibu. Kendala memasak menu ini adalah menemukan bahan tongkol yang pas.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tongkol balado simpel, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan tongkol balado simpel enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan tongkol balado simpel sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tongkol Balado Simpel menggunakan 12 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Tongkol Balado Simpel:
  1. Siapkan 3 potong tongkol asin, suwir atau iris sesuai selera
  2. Sediakan Secukupnya minyak goreng
  3. Gunakan 1 lembar daun salam
  4. Sediakan 2 lembar daun jeruk (ibu saya tidak gunakan ini)
  5. Sediakan Bumbu halus:
  6. Gunakan 5 siung bawang merah
  7. Sediakan 2 siung bawang putih
  8. Gunakan 3 buah cabai merah
  9. Ambil 5 / lebih cabai rawit merah
  10. Siapkan 1 buah tomat
  11. Ambil 1/2 sdt terasi
  12. Sediakan Secukupnya garam, gula dan kaldu penyedap

Rasanya makin lezat karena dicampur dengan cabai merah. Jika ingin rasa pedas, Anda bisa menambahkan cabai rawit. Tiap belanja nggak tertarik buat beli ikan tongkol, bayangan saya ni ikan dagingnya keras, ntar anak-anak nggak mau makannya. Hari ini aku buat tongkol balado.

Langkah-langkah membuat Tongkol Balado Simpel:
  1. Goreng tongkol hingga setengah kering, sisihkan.
  2. Gunakan minyak bekas goreng tongkol, tumis bumbu halus hingga matang. Masukkan bahan lain.
  3. Tambahkan sedikit air, setelah mendidih masukkan tongkol goreng. Aduk merata.
  4. Setelah bumbu meresap, kuah menyusut, siap disajikan. Usahakan hingga air betul-betul menyusut ya, tersisa minyaknya saja, agar awet. Masakan ini bertahan hingga 3 hari tanpa dihangatkan. Sengaja makannya dikit-dikit karena 'nglawuhi' bumbunya. Sila dicoba ya ☺️

Demikian salah satu aneka resep ikan tongkol yang bisa kami sampaikan untuk anda saat ini, dan akan kami lanjutkan lagi dilain kesempatan. Semoga resep ikan tongkol bumbu balado pedas ini bisa menjadikan anda menambah pengalaman untuk memasak ikan tongkol, untuk resep anek aneka ikan tongkol coba Resep Ikan Tongkol Cabai Hijau Pedas. Tambahkan lengkuas geprek, lalu, masukkan gula dan penyedap rasa secukupnya. Setelah harum, masukkan tongkol hingga bumbu meresap. Olahan Ikan Tongkol - Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang cukup terkenal, rasanya yang lezat, gurih dan nikmat membuat banyak orang menyukai ikan yang satu ini.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Tongkol Balado Simpel yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved