Cara Gampang Membuat Tongkol suir bumbu balado Anti Gagal

Christian Grant   14/11/2020 14:58

Tongkol suir bumbu balado
Tongkol suir bumbu balado

Lagi mencari ide resep tongkol suir bumbu balado yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tongkol suir bumbu balado yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Cara Membuat Ikan Tongkol Balado Suwir: Untuk membuat ikan tongkol suwir, pertama setelah ikan didiamkan selama waktu yang telah ditentukan, silahkan panaskan minyak dalam wajan. Lalu goreng ikan tongkol kedalamya hingga berwarna keemasan, namun perhatikan jangan sampai bagian dalam yakni bagian daging ikan menjadi kering. Lihat juga resep Tongkol Suwir enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol suir bumbu balado, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan tongkol suir bumbu balado yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan tongkol suir bumbu balado sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Tongkol suir bumbu balado memakai 10 bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Tongkol suir bumbu balado:
  1. Gunakan 5 potong Ikan tongkol cue
  2. Siapkan 3 lbr Daun jeruk
  3. Gunakan secukupnya Royko
  4. Ambil secukupnya Gula pasir
  5. Sediakan Bahan yg di haluskan
  6. Gunakan 6 siung Bawang merah
  7. Ambil 2 siung Bawang putih
  8. Sediakan 10 biji Cabai merah
  9. Ambil 10biji Cabai rawit merah
  10. Siapkan secukupnya Air

Jika ikan sudah matang, angkat ikan dan tiriskan. Setelah minyak panas, silahkan tumis bumbu balado yang telah dihaluskan hingga tercium bau harum yang sedap. Lalu tambahkan garam, gula dan bumbu penyedap kedalam tumisan bumbu lalu aduk-aduk merata. Masukkan ikan tongkol kedalamnya dan aduk-aduk merata sampai bumbu meresap pada ikan.

Cara menyiapkan Tongkol suir bumbu balado:
  1. Siapkan bahan yg di haluskan lalu blender sampai halus sisihkan,,siapkan ikan tongkol yg sudah di suir-suir, lalu tumis ikan tongkol sampai setengah matang
  2. Masak bumbu yg sudah halus dgn daun jeruk sampai meletup letup,kemudian masukkan ikan tongkol, beri garam dan royko, masak hingga kering dan matang

Dendeng, ayam, telur, dan ikan adalah bahan makanan yang sering dimasak dengan bumbu balado. Khusus ikan, jenis ikan yang berdaging tebal dan padat lebih cocok untuk dibuat balado, seperti ikan tuna, tongkol, dan kembung. Bukan hanya ikan segar, ikan pindang pun cocok dan super lezat diolah jadi sajian ini. Bumbu merah dari penggunaan tumisan cebe merah lalu dimasak dengan bahan utamanya ini biasa disebut sebagai bumbu balado yang merupakan salah satu seni masakan ala Padang (Minang) dengan ciri khas rasa pedasnya. Bermacam jenis ikan juga sangat enak diolah dengan bumbu ini, seperti ikan tongkol pada resep kali ini.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Tongkol suir bumbu balado yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved