Resep Pempek Ayam no alot, Sempurna

Lillian Vasquez   28/06/2020 09:42

Pempek Ayam no alot
Pempek Ayam no alot

Lagi mencari ide resep pempek ayam no alot yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek ayam no alot yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Pempek Ayam enak lainnya. Ini pempek Dos alias pempek tanpa ikan. Ini resep andalan saya klo bikin pempek Dos 😁.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek ayam no alot, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan pempek ayam no alot yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan pempek ayam no alot sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Pempek Ayam no alot memakai 14 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Pempek Ayam no alot:
  1. Gunakan 250 gr daging ayam giling (sy pake blender utk menggiling)
  2. Ambil 300 gr tepung sagu
  3. Ambil 100 gr tepung terigu
  4. Sediakan 150 ml air (secukupnya sampai adonan kira² bisa dibentuk)
  5. Gunakan 3 siung bawang putih
  6. Ambil secukupnya Garam
  7. Ambil secukupnya Lada
  8. Gunakan Bahan cuko :
  9. Sediakan 250 gr gula jawa
  10. Ambil 500 ml air
  11. Gunakan 5 siung bawang putih (haluskan)
  12. Ambil 5-10 biji asam jawa
  13. Siapkan Cabe rawit secukupnya (haluskan)
  14. Gunakan secukupnya Garam

Seperti halnya tinggi protein, mampu mencegah depresi otak, mencegah tulang keropos, baik untuk jantung, kaya akan selenium (mineral penting untuk tubuh), menjaga sistem metabolisme tubuh, membantu menjaga kesehatan mata, dan masih banyak lagi lainnya. Pempek khas Palembang yang satu ini memang beda dari kreasi olahan pempek lainnya yang sedikit keras dan alot. Coba Juga : Cara Membuat Pempek Adaan Langsung Goreng Palembang. Untuk pempek sutra menurut saya rasa dan teksturnya hampir mirip dengan pempek dos ikan tengiri.

Cara membuat Pempek Ayam no alot:
  1. Blender daging ayam, bawang putih, garam ditambah air sedikit
  2. Campurkan tepung sagu, tepung terigu ke dalam daging ayam yang sudah diblender, aduk² sampai adonan bisa dibentuk, tes rasa.
  3. Bentuk pempek sesuai keinginan (sy bentuk pempek adaan semua yang gampang dan cepat 😁) jgn lupa lumuri tangan dengan tepung saat mencetak agar tidak lengket ditangan
  4. Siapkan air dipanci dan beri minyak goreng 3 sendok makan, rebus sampai mendidih.
  5. Setelah mendidih masukkan pempek yang sudag dicetak, rebus sampai mengapung.
  6. Pempek yang sudah mengapung tandanya sudah matang lalu goreng
  7. Cara membuat cuko : rebus semua bahan cuko sampai mendidih, tes rasa kemudian disaring. Cuko siapkan digunakan.

Nah, pencampuran ikan dan sagu sebaiknya tidak diuleni agar hasil pempek tidak liat. Adonan cukup dicampur dengan cara diaduk cukup sampai rata dengan solet plastik. Jadi, jangan pernah menguleni adonan, ya. Mengulen adonan langsung dengan tangan akan membuat pempek keras dan alot saat matang. Pempek yang disebut-sebut sebagai bentuk awal dari pempek ini dibuat dengan mengguling-gulingkan adonan sehingga bentuknya menyerupai guling atau gelondongan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pempek Ayam no alot yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved