Bagaimana Membuat Pempek Ayam yang Menggugah Selera

Lina Hodges   16/08/2020 03:07

Pempek Ayam
Pempek Ayam

Sedang mencari inspirasi resep pempek ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Pempek ayam lenjer (chicken sticks) Place chicken breast, shallot, garlic, and ice cold water in a food processor. Ground into a smooth paste, then transfer to a large mixing bowl and set aside. In a small sauce pot, boil together water, salt, sugar, anchovy/dashi stock granules, and fish sauce.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek ayam, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan pempek ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan pempek ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Pempek Ayam memakai 8 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pempek Ayam:
  1. Sediakan 250 g dada ayam fillet
  2. Gunakan 200 g sagu tani (aku tepung tapioka)
  3. Sediakan 100 g tepung terigu
  4. Gunakan 250 ml air
  5. Siapkan 1-2 siung bawang putih, haluskan
  6. Ambil 1 sdt garam/ secukupnya
  7. Sediakan 1 sdt kaldu bubuk rasa ayam
  8. Ambil 1 btr telur untuk isian pempek

Wokeh sekarang menuju ke resep pempek ayam yang saya share kali ini. Pempek memang paling sedap jika terbuat dari daging ikan, rasa ikan yang gurih terasa lebih strong dibandingkan ayam yang lebih mild. Tapi weekend lalu saya tidak memiliki fillet ikan, hendak mempreteli daging ikan bawal di freezer akan menghabiskan banyak waktu dan saya tidak memiliki tenaga untuk itu. Memang tak senikmat pempek dari ikan, tapi bagi yang tak suka ikan, pempek ayam bisa jadi pilihan cemilan yang sedap.

Langkah-langkah menyiapkan Pempek Ayam:
  1. Siapkan bahan - bahan.
  2. Blender daging ayam dan 2 siung bawang putih menggunakan chopper hingga halus dan pindahkan dalam wadah/ baskom besar, sisihkan.
  3. Campur terigu, garam, kaldu bubuk dan air lalu aduk hingga rata sampai tidak ada yang bergerindil.
  4. Masak campuran terigu tadi (campuran no.3) di dalam panci dengan api kecil sambil diaduk hingga menggumpal seperti lem, angkat dan dinginkan.
  5. Campurkan ayam yg telah dihaluskan dan tepung terigu yg telah dingin (no.4) lalu aduk hingga rata.
  6. Tambahkan sagu/tepung tapioka secara bertahap (3X tuang) aduk hingga rata dan uleni hingga bisa dibentuk.
  7. Bentuk adonan pempek sesuai selera sekitar 50 g (aku 40g) lalu bentuk spt kapal selam (isi dgn kocokan kuning telur 1 sdm), lenjer dan adaan.
  8. Masak air hingga mendidih tambahkan 1 sdm minyak goreng agar tidak saling menempel lalu masukkan pempek tunggu hingga mengambang dan biarkan sekitar 5 menit agar lebih matang angkat dan tiriskan.
  9. Bisa dimakan langsung atau digoreng dahulu, aku goreng hingga matang berwarna kecoklatan. Sajikan dgn kuah cuko (note : pempekku yg telur masih banyak yg pecah krna ketipisan pas membentuk tapi overall rasanya enak). Done

Potong kecil-kecil lalu giling dengan chopper atau food processor. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Pempek lenjer ayam udang. foto: Instagram/@dapur.sisters. Lihat juga resep Mpek- mpek udang adaan dan isi telur enak lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pempek Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved