Cara Gampang Membuat PemPek Ayam yang Lezat

John Barker   19/11/2020 17:46

PemPek Ayam
PemPek Ayam

Anda sedang mencari ide resep pempek ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek ayam yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Bismillah, kali ini mencoba buat Pempek Ayam (sekalian untuk stock) bahan-bahannya saya beli di #BelanjaIdeDiPasarCookpad. Resep Pempek asli dengan ikan tenggiri (resep dari kakak ipar) tapi saya ganti ayam. WHAT YOU'LL LIKE ABOUT THIS PEMPEK AYAM RECIPE Pempek usually is made with fish/meat paste and then mixed with almost an equal amount of tapioca starch.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek ayam, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan pempek ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pempek ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat PemPek Ayam memakai 10 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan PemPek Ayam:
  1. Gunakan 100 gram tepung tapioka
  2. Ambil 100 gram tepung trigu
  3. Ambil 100 gram daging ayam
  4. Gunakan 2 butir telur
  5. Siapkan 1 btg daun bawang pre
  6. Siapkan 4 siung bawang putih
  7. Gunakan 1/4 sdt merica bubuk
  8. Sediakan 1/2 sdt garam
  9. Siapkan 1/4 sdt royko ayam
  10. Sediakan 150 ml air

Memang tak senikmat pempek dari ikan, tapi bagi yang tak suka ikan, pempek ayam bisa jadi pilihan cemilan yang sedap. Potong kecil-kecil lalu giling dengan chopper atau food processor. Pempek memang paling sedap jika terbuat dari daging ikan, rasa ikan yang gurih terasa lebih strong dibandingkan ayam yang lebih mild. Tapi weekend lalu saya tidak memiliki fillet ikan, hendak mempreteli daging ikan bawal di freezer akan menghabiskan banyak waktu dan saya tidak memiliki tenaga untuk itu.

Langkah-langkah membuat PemPek Ayam:
  1. Siapkan bahan..
  2. Ulek bawang putih.. Iris bawang pre.. Blender daging ayan ksih sedikit air..
  3. Dalam baksom masukan duo tepung, telur, bawang pre iris, dan blenderan daging ayam, garam, dan royko aduk hingga tercampur rata dan tuang air sedikit demi sedikit sampai tidak ad gumpalan..
  4. Kemudian masukan dlm plastik dan rebus hingga matang..
  5. Lalu goreng dan hidngkan dengan cukonya.. (Resep cuko ad resep sebelumnya)

Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan Resep Empek Empek Ikan Tenggiri yang enak lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis anti gagal dengan step by step untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis pempek asli Palembang. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko, or just "cuko". Pempek lenjer ayam udang. foto: Instagram/@dapur.sisters. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (berisi irisan pepaya muda rebus yang sudah ditumis dan dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting. Pempek adaan (deep-fried chicken and shrimp meatballs) with saus cuko (spicy tamarind sauce).

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat pempek ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved