Resep Pempek Ayam Kuah Cuka yang Menggugah Selera

Susan Rogers   19/11/2020 17:34

Pempek Ayam Kuah Cuka
Pempek Ayam Kuah Cuka

Sedang mencari ide resep pempek ayam kuah cuka yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek ayam kuah cuka yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek ayam kuah cuka, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pempek ayam kuah cuka yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pempek ayam kuah cuka yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pempek Ayam Kuah Cuka menggunakan 17 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Pempek Ayam Kuah Cuka:
  1. Sediakan Bahan Pempek :
  2. Gunakan 200 gr Tepung Sagu
  3. Ambil 100 gr Tepung Terigu
  4. Gunakan 250 ml air dingin
  5. Ambil 250 gr daging ayam
  6. Ambil 1 siung bawang putih
  7. Ambil 2 sdt garam
  8. Ambil 2 sdt kaldu ayam bubuk
  9. Sediakan Bahan Kuah Cuka :
  10. Sediakan 250 gr Gula merah
  11. Sediakan 500 ml air
  12. Ambil 3 siung bawang putih
  13. Siapkan 3 buah cabe keriting merah
  14. Ambil 5 buah cabe rawit
  15. Gunakan Secukupnya asem jawa
  16. Sediakan 2 sdt garam
  17. Sediakan 2 sdm gula pasir

Kuah cuka.yg akrab banget disandingkan dgn cemilan khas Palembang yi. Krn terbiasanya org sumatra dgn cuko ini.makan bakwan, tahu isi semua nyeruput cuko 😁 Dicoba ya mams. Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek. Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing.

Cara membuat Pempek Ayam Kuah Cuka:
  1. Bahan Pempek : Blender Ayam dan bawang putih, tambahkan air sedikit, hingga halus.
  2. Lalu sisa air yang ada tuang ke dalam mangkok besar, masukkan garam, kaldu ayam, aduk rata. Masukkan terigu, aduk lagi hingga rata. Kemudian masukkan ayam yang sudah diblender, aduk rata. Terakhir masukkan sagu, aduk hingga kalis.
  3. Masak air di panci untuk merebus pempeknya.
  4. Lalu mulai bentuk pempeknya sesuai selera, bisa dibentuk lonjong atau kapal selam. Untuk pempek kapal selam, kocok telur buat isinya.
  5. Rebus pempek yang sudah dibentuk, kalau sudah mengambang boleh diangkat.
  6. Bahan Saus Cuka : blender bawang putih, cabe merah keriting, rawit, tambahkan air sedikit. Lalu masak sisa air di panci, masukkan gula jawa, asam jawa, dan cabe yang sudah diblender. Masak hingga mendidih sampai gula jawa lumer. Aduk2 terus. Lalu disaring.
  7. Pempek siap dihidangkan. Mau direbus atau digoreng sama enaknya. Tinggal dipilih sesuai selera.

Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap. Resep cara membuat kuah pempek, atau bisa disebut dengan cuko. Memiliki warna hitam yang rasanya pedas manis gurih, enak sekali. Ternyata buatnya itu tidak terlalu sulit loh, hanya menyiapkan bahan lalu rebus semua. Bahan dan takaran lengkapnya, simak sebagai berikut.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pempek Ayam Kuah Cuka yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved