Resep Tongkol Suwir Balado, Enak

Ora Murray   02/11/2020 14:43

Tongkol Suwir Balado
Tongkol Suwir Balado

Sedang mencari inspirasi resep tongkol suwir balado yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tongkol suwir balado yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol suwir balado, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan tongkol suwir balado yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Tongkol Suwir enak lainnya. Cara Membuat Ikan Tongkol Balado Suwir: Untuk membuat ikan tongkol suwir, pertama setelah ikan didiamkan selama waktu yang telah ditentukan, silahkan panaskan minyak dalam wajan. Lalu goreng ikan tongkol kedalamya hingga berwarna keemasan, namun perhatikan jangan sampai bagian dalam yakni bagian daging ikan menjadi kering.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan tongkol suwir balado sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Tongkol Suwir Balado memakai 13 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Tongkol Suwir Balado:
  1. Siapkan 1 pindang tongkol sedang (ada 2 sisi bagian), goreng, suwiri
  2. Sediakan 1/2 tahu putih besar, iris kotak kecil memanjang, goreng
  3. Ambil Bumbu halus :
  4. Siapkan 3 siung bawang putih besar
  5. Sediakan 4 siung bawang merah
  6. Ambil 10 buah cabe merah besar (saya buang bijinya)
  7. Siapkan Cabe rawit merah (buat yg suka pedas)
  8. Gunakan 1 buah tomat merah (boleh skip buat yg suka pedes)
  9. Sediakan 2 lembar daun salam
  10. Sediakan 3 lembar daun jeruk, buang tulangnya, iris tipis
  11. Siapkan secukupnya Gula merah disisiri
  12. Sediakan secukupnya Garam
  13. Sediakan Sedikit laos, geprek

Resep suwir tongkol pedas Bahan"nya : Pindang tongkol Bumbunya : Bawang merah Bawang putih Cabe kriting merah Cabe rawit Tomat Balado Tongkol Suwir by Mariyani Ini masakan yang saya jual ya bun. Namun, jangan menggoreng ikan terlalu kering atau nantinya ikan akan sulit disuwir-suwir dan dipotong. Setelah ikan matang, silahkan angkat dan sisihkan dalam wadah. Demikian salah satu aneka resep ikan tongkol yang bisa kami sampaikan untuk anda saat ini, dan akan kami lanjutkan lagi dilain kesempatan.

Cara membuat Tongkol Suwir Balado:
  1. Uleg bumbu halus dg garam. Bisa juga diiris halus utk bawang merah, bawang putihnya iris halus lalu digeprek. Tumis dengan minyak hingga wangi (jika bawang merahnya diiris halus, bawang merah duluan dimasukkan, baru bawang putih). Masukkan tomat yg sdh diiris kecil atau dipenyet/uleg supaya halus. Tambahkan laos, daun salam dan gula merah.
  2. Masukkan suwiran tongkol dan tahu goreng atau tambahan lainnya dan aduk rata. Masukkan sedikit air, aduk lagi dan tes rasa. Setelah rasa pas, tutup sebentar agar bumbu matang meresap.
  3. Setelah beberapa saat bumbu meresap, masukkan irisan daun jeruk. Aduk lagi beberapa saat lalu matikan kompor.
  4. Angkat dan sajikan.. udah lama ngga masak ini, Pak Su ternyata seneng banget sampai minta dibawain lagi buat bekal klo masih ada 😘😘👌

Semoga resep ikan tongkol bumbu balado pedas ini bisa menjadikan anda menambah pengalaman untuk memasak ikan tongkol, untuk resep anek aneka ikan tongkol coba Resep Ikan Tongkol Cabai Hijau Pedas. Resep tongkol lainnya adalah tongkol balado. Sebenarnya resep ikan tongkol balado ini cukup mudah.. Langkah langkah membuat tongkol suwir bumbu sarden: - Langkah pertama haluskan semua bumbunya dengan di blender. - Kemudian tumis bumbu halus tersebut sampai baunya harum, lalu masukkan irisan daun bawang. Siapkan daun pisang, kemudian letakkan nasi dan tongkol suwir di atasnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat tongkol suwir balado yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved