Resep Balado ikan tongkol suir jeruk limau Anti Gagal

Loretta Lloyd   27/08/2020 00:56

Balado ikan tongkol suir jeruk limau
Balado ikan tongkol suir jeruk limau

Sedang mencari ide resep balado ikan tongkol suir jeruk limau yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal balado ikan tongkol suir jeruk limau yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Balado ikan tongkol suir jeruk limau. Ikan tongkol basah , Cabai merah, Tomat, Bawang merah, Bawang putih, Garam, Gula, Daun jeruk Dapur Devina. Lihat juga resep Ikan tongkol balado enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari balado ikan tongkol suir jeruk limau, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan balado ikan tongkol suir jeruk limau enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah balado ikan tongkol suir jeruk limau yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Balado ikan tongkol suir jeruk limau menggunakan 9 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Balado ikan tongkol suir jeruk limau:
  1. Gunakan 1/2 kg Ikan tongkol basah
  2. Sediakan Cabai merah
  3. Ambil Tomat
  4. Sediakan 4 Bawang merah
  5. Sediakan 2 Bawang putih
  6. Gunakan Garam
  7. Sediakan Gula
  8. Siapkan Daun jeruk
  9. Sediakan Jeruk limau

Lihat juga resep Tongkol Suwir enak lainnya. Kalau memakai ikan pindang cukup dicuci bersih lalu di suwir dagingnya, sisihkan. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan serai dan daun jeruk, aduk sampai bumbu matang, masukkan petai dan tongkol suwir aduk rata, bumbui garam, gula merah dan lada bubuk, aduk terus sampai bumbu meresap, masukkan air. Olahan Ikan Tongkol - Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang cukup terkenal, rasanya yang lezat, gurih dan nikmat membuat banyak orang menyukai ikan yang satu ini.

Langkah-langkah membuat Balado ikan tongkol suir jeruk limau:
  1. Cuci bersih ikan tongkol beri garam dan perasan jeruk nipis. Diamkan 5menit. Lalu cuci hingga bersih.
  2. Goreng ikan tongkol. Setelah matang suir2 ikannya dan buang tulangnya.
  3. Siapkan bumbu halusnya. Masukan cabai, bawang merah, bawang putih ke dalam blender. Masak bumbu halus lalu iris tomat. Beri garam, gula dan daun jeruk. Masak hingga matang.
  4. Lalu masukan ikan yg sudah di suir tadi. Aduk rata.. Matikan kompor lalu beri jeruk limau. Aduk hingga rata. Siap disajikan..

Apalagi ikan tongkol bisa diolah menjadi beragam jenis olahan ikan tongkol sehingga menggugah selera. Tak heran, di berbagai tempat makan dan restoran banyak sekali ditemui berbagai macam olahan dari ikan laut yang. Agar abon ikan tongkol lebih tahan lama, anda bisa memasukkan kedalam oven setelah airnya benar benar surut. Kemudian keluarkan dan tunggu sampai abon dingin lalu masukan kedalam toples kedap udara. Resep tongkol lainnya adalah tongkol balado.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan balado ikan tongkol suir jeruk limau yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved