Resep Tempe Mendoan, Bikin Ngiler

George Boone   16/10/2020 11:56

Tempe Mendoan
Tempe Mendoan

Sedang mencari ide resep tempe mendoan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tempe mendoan yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tempe mendoan, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan tempe mendoan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Tempeh mendoan originates from the city of Purwokerto in Central Java, Indonesia. Most people consider tempeh mendoan as a snack, and is one of the more popular Indonesian street food, for good reason. Imagine tempeh, coated with a layer of spiced batter, and deep-fried in hot oil until it develops a crispy, crunchy, and super savory skin.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah tempe mendoan yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Tempe Mendoan menggunakan 10 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Tempe Mendoan:
  1. Ambil 6 buah tempe satuan
  2. Ambil 1 lembar daun bawang, iris kecil kecil
  3. Ambil 4 sdm tepung terigu
  4. Gunakan 1 sdm tepung beras
  5. Sediakan Secukupnya air untuk melarutkan tepung
  6. Ambil Secukupnya minyak untuk menggoreng
  7. Sediakan Bumbu Halus
  8. Gunakan 1 sdt ketumbar
  9. Siapkan 2 siung bawput
  10. Ambil Secukupnya garam dan penyedap

Mendoan is often made of Tempeh and tofu. See also Tempe mendoan memang paling lezat jika dinikmati ketika masih panas dengan dilengkapi cabai rawit dan kecap manis atau sambal kecap. Tempe mendoan juga dapat disajikan sebagai lauk atau makanan ringan untuk menemani minum kopi atau teh pada saat santai. Tempe Mendoan adalah gorengan yang terbuat dari tempe yang tipis, dan digoreng dengan tepung sehingga rasanya gurih dan renyah.

Cara membuat Tempe Mendoan:
  1. Kupas tempe dan sisihkan
  2. Haluskan bumbu, lalu taruh dalam mangkok
  3. Campur bumbu dengan tepung dan daun bawang
  4. Tambahkan air secukupnya hingga adonan tepung memiliki kekentalan yg sedang (tidak terlalu cair, tidak terlalu kental)
  5. Panaskan minyak dalam wajan, lalu balur tempe dengan tepung.
  6. Goreng hingga warna kecoklatan
  7. Setelah matang, angkat dan sajikan selagi hangat.

Secara tradisional di wilayah Purwokerto atau Banyumas, tempe yang digunakan untuk membuat mendoan yaitu jenis tempe bungkus yang lebar tipis, satu atau dua lembar perbungkus. Cara Membuat Tempe Mendoan - Tempe mendoan merupakan salah satu makanan yang paling disukai masyarakat Banyumas. Memiliki rasa gurih dengan citarasa yang khas membuat mendoan selalu enak untuk di nikmati. Tempe mendoan bumbu kari. foto: Instagram/@guniezzt. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Tempe Mendoan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved