Resep Tempe Mendoan Sederhana, Bisa Manjain Lidah

Ronnie Ellis   22/10/2020 11:59

Tempe Mendoan Sederhana
Tempe Mendoan Sederhana

Anda sedang mencari ide resep tempe mendoan sederhana yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal tempe mendoan sederhana yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tempe mendoan sederhana, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan tempe mendoan sederhana yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Cara Membuat Tempe Mendoan Sederhana, Bisa untuk Jualan. SHUTTERSTOCK/HELLO ABDULLAH Tempe Mendoan, kuliner khas Banyumas tempe tipis dilapisi adonan tepung lalu digoreng. Resep Tempe Mendoan Gurih Enak dan Sederhana Koki Cantik Temukan Resep Tempe Mendoan Gurih enak & sederhana.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan tempe mendoan sederhana sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Tempe Mendoan Sederhana memakai 10 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Tempe Mendoan Sederhana:
  1. Gunakan 1/2 papan Tempe (aku pakai tempe)
  2. Ambil 6 sendok Tepung terigu
  3. Ambil 3 sendok Tepung tapioka
  4. Gunakan bahan marinasi;
  5. Siapkan 4 siung bawang putih
  6. Ambil 2 sdt ketumbar bubuk
  7. Ambil 2 sdt kunyit bubuk
  8. Siapkan 1 sdt garam
  9. Siapkan 1 sdt kaldu jamur, aku pakai totole
  10. Siapkan secukupnya minyak untuk menggoreng

Salah satunya adalah menu masakan tempe mendoan. Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah karena bumbu tempe mendoan ini sangat Tempe Mendoan adalah gorengan yang terbuat dari tempe yang tipis, dan digoreng dengan tepung sehingga rasanya gurih dan renyah. Secara tradisional di wilayah Purwokerto atau Banyumas, tempe yang digunakan untuk membuat mendoan yaitu jenis tempe bungkus yang lebar tipis, satu atau dua lembar perbungkus. Cara Membuat Tempe Mendoan - Tempe mendoan merupakan salah satu makanan yang paling disukai masyarakat Banyumas.

Cara membuat Tempe Mendoan Sederhana:
  1. Potong tempe, tidak usah terlalu tebal
  2. Beri air diwadah lalu campur bahan marinasi. aduk rata, masukkan tempe satu persatu, tunggu aga lama agar bumbu meresap
  3. Siapkan minyak aga banyak, panaskan minyak
  4. Siapkan wadah untuk tepung, campur semua tepung (terigu+tapioka) lalu tambahkan air marinasi sedikit-demi sedikit, aduk sampai aga kental.
  5. Celupkan tempe bolak-balik kedalam tepung, kalau sudah terbalur rata, celupkan keminyak yang sudah panas.
  6. Ingat ya, kita buat tempe mendoan, bukan tempe goreng, jadi masaknya tidak usah garing, aku ½matang, agak basah gitu, karena aku suka tempe mendoan yang basah dan tidak terlalu matang.
  7. Kalau sudah, angkat, tiriskan, lalu tempe mendoan sederhana ini siap kamu nikmati.

Memiliki rasa gurih dengan citarasa yang khas membuat mendoan selalu enak untuk di nikmati. Resep tempe mendoan enak bisa dibilang cukup sederhana kok, selain itu jika tidak bisa menemukan tempe khusus untuk dijadikan mendoan, bisa juga diganti menggunakan tempe yang mudah ditemukan disekitar kita, baik di warung maupun pasar hingga sumpermarket. Nah, jika ingin membuatnya berikut ini ada resep tempe mendoan nikmat dan tentu saja mudah, lengkap beserta langkah pembuatannya. Dalam bahasa Banyumas, Jawa Tengah, istilah mendoan berasal dari kata 'mendo' yang berarti setengah matang atau lembek. Karena itu, biasanya tempe mendoan punya kulit tepung tebal dan lemas.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat tempe mendoan sederhana yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved