Resep Sayur Santan Daun Singkong yang Sempurna

Gordon Perez   01/12/2020 21:50

Sayur Santan Daun Singkong
Sayur Santan Daun Singkong

Lagi mencari ide resep sayur santan daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur santan daun singkong yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur santan daun singkong, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur santan daun singkong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Umbi dikenal sebagai sumber karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Resep Sayur Daun Singkong - Daun singkong memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita seperti, sebagai sumber tenaga, membantu proses metabolisme tubuh, sumber antioksidan, meregenerasi sel-sel tubuh, dan juga membantu proses pencernaan. Menu masakan dengan menggunakan santan adalah salah satu jenis masakan yang cukup populer di Indonesia, mulai dari bahan dasar daging, ikan, telur, dan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sayur santan daun singkong sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Sayur Santan Daun Singkong memakai 15 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sayur Santan Daun Singkong:
  1. Siapkan 1 ikat Daun singkong
  2. Ambil 250 ml santan cair
  3. Sediakan 700 ml air
  4. Siapkan 1 buah sere geprek
  5. Gunakan 2 sdm gula
  6. Siapkan 1 sdt garam
  7. Siapkan 1 sdt penyedap
  8. Gunakan Bumbu Halus
  9. Siapkan 4 siung bawang merah
  10. Siapkan 4 siung bawang putih
  11. Siapkan 1 ruas kencur
  12. Siapkan 1 ruas kunyit
  13. Siapkan 2 buah cabe kriting
  14. Sediakan 2 sdt ketumbar
  15. Ambil 2 buah daun jeruk

Sehingga banyak orang yang sedang mengurangi konsumsi santan memilih menghindari sayur singkong. Tapi sebenarnya bisa juga menikmati sayur singkong tanpa santan. Coba, deh, resep yang satu ini. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum.

Cara membuat Sayur Santan Daun Singkong:
  1. Cuci bersih daun singkong kemudian rebus daun singkong hingga layu dan dinginkan (tips : ketika merebus tamburkan sedikit garam agar warna hijaunya tidak pudar)
  2. Setelah daun singkong sudah dingin. lalu peras untuk mengurangi kadar airnya kemudian dipotong-potong
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan tambahkan Sere dan tumis hingga matang dan harum
  4. Siapkan panci yang telah diberi air dan campurkan bumbu tumis tadi dan juga masukan santan cair. aduk hingga rata
  5. Ketika sudah mulai mendidih masukan potongan daun singkong, garam gula dan penyedap
  6. Tunggu hingga mendidih dan sajikan :D Selamat mencoba

Didihkan santan encer, masukkan tumisan bumbu halus, aduk rata. Masukkan teri nasi goreng, masak sebentar hingga santan agak menyusut. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur santan daun singkong yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved