Langkah Mudah untuk Menyiapkan Daun Singkong Muda Masak Santan, Lezat

Emily Horton   19/11/2020 23:58

Daun Singkong Muda Masak Santan
Daun Singkong Muda Masak Santan

Lagi mencari inspirasi resep daun singkong muda masak santan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal daun singkong muda masak santan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari daun singkong muda masak santan, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan daun singkong muda masak santan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Resep Daun Singkong Muda Masak Santan. Masak daun singkong muda fresh baru dipetik emang paling enak. Dimakan sama nasi anget aja udah bisa bikin nambah berkali kali yaa Maasya Allah.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah daun singkong muda masak santan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Daun Singkong Muda Masak Santan memakai 20 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Daun Singkong Muda Masak Santan:
  1. Ambil 1 ikat daun singkong muda
  2. Gunakan Bumbu yang dihaluskan
  3. Sediakan 6 siung bawang merah
  4. Gunakan 4 siung bawang putih
  5. Ambil 2 cabe merah
  6. Siapkan 1 ruas lengkoas
  7. Ambil 1 ruas jahe
  8. Ambil 1 ruas kunyit bakar
  9. Sediakan 2 butir kemiri
  10. Ambil 1/2 sdt ketumbar
  11. Siapkan Bahan lainnya
  12. Siapkan 300 ml Air matang
  13. Gunakan 65 ml Santan kara
  14. Ambil 2 Daun salam
  15. Gunakan 1 batang serai
  16. Ambil Cabe rawit
  17. Sediakan Garam
  18. Ambil Gula
  19. Ambil Kaldu jamur
  20. Sediakan secukupnya Lada putih

Cara Memasak Sayur Daun Singkong Santan: Masak air sampai mendidih tambahkan garam, masukan daun singkong dan rebus daun singkong sampai matang, angkat kemudian tiriskan dan potong-potong, sisihkan. Panaskan minyak goreng, tumis semua bumbu halus, masukan lengkuas, daun salam, cabe rawit, tahu, serai, sampai harum. Masukkan udang dan daun singkong yg telah direbus. Kemudian bumbui dengan garam, kaldu bubuk, dan gula pasir.

Cara membuat Daun Singkong Muda Masak Santan:
  1. Rebus air, tambahkan garam sedikit saja, saat air mendidih, masukkan daun singkong yang sudah dicuci bersih. Masak hingga daun singkong matang. (Penambahan garam supaya daun singkong yang direbus tetap hijau warnanya)
  2. Tiriskan daun singkong, tambahkan air dingin, peras, dan potong potong sesuai selera.
  3. Haluskan bumbu halus, tumis dengan api kecil,masukkan daun salam, serai, tumis hingga harum. Masukkan cabe rawit sesuai selera.
  4. Masukkan air, beri bumbu bumbu seperti garam, gula, lada, kaldu jamur, saat air mendidih masukkan santan, lalu masukkan daun singkong. Masak hingga kuah kembali mendidih supaya meresap. Sajikan dipiring, siap dihidangkan.

Kikil dan daun singkong kuah santan Daun singkong salah satu sayuran favorit keluarga, selain harganya yang terjangkau. Berdasarkan artikel-artikel yang pernah saya baca di internet, daun singkong juga mempunyai segudang manfaat antara lain : mencegah penyakit tulang, mengobati reumatik, meningkatkan daya tahan tubuh, anti kanker, mempercepat pemulihan luka, mengatasi sakit kepala dan masih banyak lagi. Masak dengan api sedang saja sampai mendidih. Setelah santan anda mendidih lanjutkan dengan memasukan daun singkong yang telah di potong kasar ke dalam wajan sembari terus diaduk. Sudah bertahun tahun bun gak masak daun singkong tumbuk santan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan daun singkong muda masak santan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved