Cara Gampang Menyiapkan Minyak Bawang Putih yang Bikin Ngiler

Jay Harrison   17/10/2020 22:31

Minyak Bawang Putih
Minyak Bawang Putih

Lagi mencari ide resep minyak bawang putih yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal minyak bawang putih yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari minyak bawang putih, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan minyak bawang putih yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Ada alasan mengapa banyak orang suka datang ke restoran Italia, dan hal itu bukan hanya karena pasta. Penyebabnya adalah minyak lezat dan bercita rasa untuk mencelupkan potongan roti renyah. Minyak bawang putih ni memang banyak guna dalam masakan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan minyak bawang putih sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Minyak Bawang Putih memakai 2 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Minyak Bawang Putih:
  1. Siapkan 10 siung bawang putih
  2. Gunakan 200 ml minyak goreng

Minyak bawang putih ini bisa digunakan sebagai bumbu-bumbu dasar dapur sehingga bisa menghemat waktu memasak Anda. Contoh masakan yang bisa menggunakan minyak bawang putih ini adalah nasi hainam, nasi goreng, aneka masakan sup, ayam kecap, tumis sayuran dll. Minyak bawang putih dapat digunakan dalam aplikasi kuliner dan juga banyak diterapkan dalam praktik pengobatan alami. Manfaat kesehatan yang diperoleh melalui minyak bawang putih disebabkan karena tingginya kandungan allicin, senyawa sulfida, asam amino, dan enzim, serta ajoene dan senyawa antioksidan lainnya yang terkandung dalam bawang putih.

Cara menyiapkan Minyak Bawang Putih:
  1. Kupas bawang lalu cuci bilas sebentar.
  2. Cincang bawang, bisa pake talenan sampe halus. Kalo aku pake chopper biar lebih praktis😀
  3. Panaskan wajan,masukan minyak. Tunggu minyak panas, lalu goreng bawang dgn api sedang, sambil terus aduk agar tidak gosong. Goreng sampe bawang menguning,lalu matikan api.
  4. Minyak bawang siap digunakan👍🏼

Minyak bawang putih ini bisa jadi andalan di dapur, karena Anda tak perlu lagi repot-repot mengupas bawang, mengiris, atau menggepreknya. Kegunaannya banyak, mulai dari campuran aneka sup atau baso kuah, menumis sayur, bikin nasi goreng, dan aneka Chinese food. Minyak atsiri dapat diperoleh dari bawang putih dengan cara penyulingan. Penyulingan adalah proses pemisahan komponen yang berupa cairan atau padatan dari dua macam campuran atau lebih berdasarkan perbedaan titik uapnya dan proses ini dilakukan terhadap minyak atsiri yang tidak larut dalam air. Bawang putih adalah tanaman, bahan makanan dan bahan masakan yang memiliki nama latin Allium sativum.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan minyak bawang putih yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved