Langkah Mudah untuk Menyiapkan Makarel Masak Santan & Daun Singkong Anti Gagal

Brandon Watts   08/09/2020 12:38

Makarel Masak Santan & Daun Singkong
Makarel Masak Santan & Daun Singkong

Anda sedang mencari ide resep makarel masak santan & daun singkong yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal makarel masak santan & daun singkong yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Ikan Makarel Kuah Santan Pedas enak lainnya. Saya recook ayam masak daun singkongnya. Di resep gak pakai air, tapi langsung s.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari makarel masak santan & daun singkong, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan makarel masak santan & daun singkong yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat makarel masak santan & daun singkong sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Makarel Masak Santan & Daun Singkong menggunakan 18 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Makarel Masak Santan & Daun Singkong:
  1. Gunakan 2 ekor ikan makarel agak besar, bersihkan, bagi 3 bagian
  2. Gunakan 1 ikat daun singkong muda, rebus hingga empuk
  3. Sediakan 2 batang serai, geprek
  4. Gunakan 5 lembar daun jeruk
  5. Sediakan 1 lembar daun pandan, ikat
  6. Siapkan 5 cm jahe, geprek
  7. Siapkan 200 ml air
  8. Sediakan 500 ml santan dari ½ butir kelapa
  9. Siapkan 1 sdm gula pasir
  10. Siapkan 1 sdt kaldu bubuk
  11. Siapkan Secukupnya garam
  12. Gunakan Bumbu halus :
  13. Sediakan 10 butir bawang merah
  14. Sediakan 6 siung bawang putih
  15. Siapkan 3 buah cabe merah
  16. Gunakan 7 buah cabe rawit
  17. Ambil 5 cm kunyit bakar
  18. Siapkan 5 butir kemiri sangrai

Aduk dan masak dengan api kecil hingga santan mendidih dan matang. Masukkan ikan dan tomat, masak hingga ikan matang. Cicipi rasanya, sesuaikan gula dan garamnya, angkat dan sajikan dengan nasi putih. Dibiarkan kuah mendidih semula kemudian terus perlahankan api.

Cara menyiapkan Makarel Masak Santan & Daun Singkong:
  1. Tumis bumbu halus, sereh, jahe, daun jeruk dan daun pandan hingga harum dan matang.
  2. Masukkan ikan, aduk.
  3. Masukkan air. Lalu masukkan santan. Bumbui garam, gula dan kaldu bubuk. Masak sampai air agak menyusut dan bumbu meresap.
  4. Masukkan daun singkong. Aduk dan masak sebentar. Sajikan.

Lihat juga resep Makarel Masak Tomat (Sarden) Homemade enak lainnya. Jadi di coba masak kuah, kebetulan ada stok santan instant jadi langsung di masak deh 😄 minarsih.ummuarwa. Akhirnya hari ini dimasak pepes aja tapi pakai santan. Resepi Ayam Masak Lemak Kuning Mudah. Saya recook ayam masak daun singkongnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat makarel masak santan & daun singkong yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved