Langkah Mudah untuk Membuat Daun Singkong Santan, Lezat Sekali

Norman Soto   12/07/2020 22:56

Daun Singkong Santan
Daun Singkong Santan

Anda sedang mencari inspirasi resep daun singkong santan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal daun singkong santan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Pucuk jawaw bakacak (Daun singkong yg diremas) + leunca kuah santan enak lainnya. daun singkong (yam/cassava/sweet potato leaves). These are sold as yam leaves in my nearby Asian market. For this specific dish, kale is the best substitute if you cannot find daun singkong in your grocery store. coconut milk; ground coriander (Indonesian: bubuk ketumbar) ground turmeric (Indonesian: bubuk kunyit).

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari daun singkong santan, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan daun singkong santan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah daun singkong santan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Daun Singkong Santan memakai 15 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Daun Singkong Santan:
  1. Ambil Daun Singkong muda
  2. Siapkan Cabai Rawit
  3. Siapkan Bumbu Halus
  4. Sediakan 5 siung Bawang Merah
  5. Sediakan 4 siung Bawang Putih
  6. Gunakan 2 butir Kemiri
  7. Gunakan 1 sdt Ketumbar Bubuk
  8. Ambil 1 ruas Jari Kunyit
  9. Sediakan Bahan Lain
  10. Gunakan Garam
  11. Gunakan Penyedap Rasa
  12. Sediakan Secukupnya Gula Merah
  13. Siapkan 3 Lembar Daun Salam
  14. Siapkan Lengkuas
  15. Gunakan Santan Kara

Berdasarkan artikel-artikel yang pernah saya baca di internet, daun singkong juga mempunyai segudang manfaat antara lain : mencegah penyakit tulang, mengobati reumatik, meningkatkan daya tahan tubuh, anti kanker, mempercepat pemulihan luka, mengatasi sakit kepala dan masih banyak lagi. Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama daun salam, lengkuas, dan ebi hingga harum.

Langkah-langkah menyiapkan Daun Singkong Santan:
  1. Rebus Daun Singkong sampai empuk.Tambahkan Garam agar warna daun singkong tetap hijau..Kalau sudah empuk tiriskan cuci beberapa kali bilasan..agar tidak bau langu.
  2. Tumis Bumbu halus sampai harum..masukkan potongan cabai,lengkuas geprek, dan daun salam. Beri air sedikit
  3. Masukkan Daun Singkong..Kalau sudah mendidih masukkan bumbu.cek rasa.
  4. Masukkan santan.Masak hingga matang.cek rasa lagi..
  5. Matang siap di hidangkan. taburi atasnya dengan bawang goreng.

Masukkan irisan daun singkong, masak hingga bumbu meresap dan santan menyusut. Jika sudah angkat sayur, kemudian taburi. Setelah santan anda mendidih lanjutkan dengan memasukan daun singkong yang telah di potong kasar ke dalam wajan sembari terus diaduk. Berikan perasa makanan berupa garam, gula serta penyedap masakan ke dalam sajian daun singkong anda sehingga lebih terasa sedap dan gurih ketika disantap. Sayur daun singkong memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat daun singkong santan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved