Resep Pempek Dos, Menggugah Selera

Marian Delgado   16/08/2020 12:59

Pempek Dos
Pempek Dos

Sedang mencari inspirasi resep pempek dos yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek dos yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek dos, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan pempek dos yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Pempek dos udang rebon enak lainnya. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also add yellow noodles for variations.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pempek dos yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pempek Dos memakai 21 bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pempek Dos:
  1. Sediakan 300 gr tepung kanji
  2. Gunakan 250 gr tepung terigu
  3. Ambil 500 ml air panas mendidih
  4. Ambil 3/4 sdm garam
  5. Sediakan 5 siung bawang putih (haluskan)
  6. Siapkan 1/4 sdt kaldu bubuk
  7. Siapkan 1/4 sdt merica bubuk
  8. Ambil 1 butir telur ukuran kecil
  9. Sediakan Isian :
  10. Siapkan 3 butir telur kocok lepas tambahkan garam
  11. Siapkan Bahan cuko :
  12. Sediakan 10 buah cabe rawit (sesuai selera)
  13. Gunakan 4 siung bawang putih
  14. Ambil secukupnya Garam
  15. Siapkan 1/4 kg gula merah
  16. Ambil 1/2 sdm asam jawa (larutkan dalam sedikit air)
  17. Siapkan 500 ml air
  18. Siapkan 4 sdm ebi kering (blender)
  19. Sediakan Pelengkap :
  20. Siapkan Mie kuning rebus
  21. Ambil Mentimun

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek dos ini tak kalah sedap dan mampu melepaskan rindu saya pada pempek di kampung halaman. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya.

Cara menyiapkan Pempek Dos:
  1. Didihkan air di panci untuk merebus pempek nanti. Tambahkan sedikit minyak goreng
  2. Siapkan juga 500ml air mendidih untuk adonan
  3. Ayak terigu dalam baskom. Masukkan semua bumbu. Tuang air mendidih
  4. Aduk rata sampai berbentuk bubur kental
  5. Dinginkan 10 menit. Masukkan 1 telur tadi.
  6. Uleni sampai rata
  7. Tuang tepung kanji ke adonan terigu. Aduk rata (cukup dengan ujung2 jari ya, jangan terlalu diuleni seperti adonan roti supaya tidak terlalu keras)
  8. Bulatkan. Isi dengan telur kocok
  9. Masukkan ke dalam air mendidih sampai mengapung. Tambahkan 10 menit agar telur matang
  10. Cara membuat cuko : haluskan cabe dan bawang putih. Rebus air tambahkan gula merah, air asam jawa, bumbu halus, garam, ebi halus sampai mendidih. Saring

Resep Pempek Dos Ny Liem (TANPA IKAN). Ga tau dapet ilham apa, abis mandi pagi lihat bookmar HP, ada judul Pempek dari blog JTT. Langsung ke dapur dan bikin :-/ Dan ternyata rasanya super lezat !!! :''D WAJIB DICOBA ;) Resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut Bingit nih. mendadak ingin masak pempek dos, ada referensi cara membuat yang cukup enak yang dijadikan acuan nih.mau tahu juga kan?. Untuk wong palembang tulen pasti tahu dong pempek dos. yups pempek non ikan umum dimaksud juga pempek sagu. Namun walaupun tanpa menggunakan ikan pempek dos ini tetap enak dan gurih lho bahkan lebih ekonomis dan praktis proses pembuatannya dari pada pempek kapal selam atau pempek lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pempek Dos yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved