Resep Mendoan kriuk Anti Gagal

Jerry King   19/11/2020 06:19

Mendoan kriuk
Mendoan kriuk

Anda sedang mencari inspirasi resep mendoan kriuk yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mendoan kriuk yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Tempe mendoan kriuk enak lainnya. Orang Indonesia memang sulit dipsahkan dengan aneka olahan tempe. Berbagai macam resep masakan enak berbahan tempe pastinya menjadi favorit sebagian besar orang.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mendoan kriuk, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan mendoan kriuk yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat mendoan kriuk yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mendoan kriuk memakai 13 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Mendoan kriuk:
  1. Sediakan 1 papan tempe
  2. Gunakan Daun bawang
  3. Ambil Seledri
  4. Gunakan 6 sdm tepung bumbu
  5. Gunakan 2 sdm tepung tapioka
  6. Ambil Bumbu halus:
  7. Siapkan 3 siung bawang putih
  8. Ambil Sedikit kunyit bubuk (pakai pucuk sdt)
  9. Ambil 1 sdt ketumbar bubuk
  10. Ambil Garam
  11. Sediakan Penyedap (royco)
  12. Siapkan secukupnya Air
  13. Sediakan Minyak

Masak tempe pakai Kobe Tepung Tempe Kriuk menghasilkan cita rasa tempe yang gurihnya pas dan berbumbu. Seperti yang saya bilang di atas, teksture mendoan tempe ini masih lembek alias mendo dan tidak ada crispy atau kriuk tepung sama sekali. Mendo inilah yang sangat khas dari Tempe Mendoan Banyumas. Namun karena kemajuan zaman, kini mendoan tak melulu mempertahankan teksture lembeknya.

Cara menyiapkan Mendoan kriuk:
  1. Iris tipis tempe, biar kesan kriuknya sampe dalem, atau bisa sesuaikan dengan selera ibu-ibu ya 😆
  2. Iris-iris daun bawang dan seledri, bisa pakai salah satu ya. Tapi kalo saya suka pakai dua-dua nya hihi
  3. Uleg bumbu halus, sendok yg sudah halus pada mangkuk/wadah, tambahkan tepung terigu dan tepung tapioka, air penyedap. Aduk rata sampai kekentalan adonan dirasa pas, jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer.
  4. Tadi kan uleg bumbu nya pakai cobek, nah kalo saya, dicobeknya saya beri air sedikit. Terus masukan irisan tempe dibolak-balik di cobek, baru dimasukin ke adonan tepung,
  5. Panaskan minyak, lalu goreng tempe yg sudah terselimuti dengan tepung.
  6. Goreng sampai kekuningan ya, bolak-balik sampai kering, lalu angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan dengan sambal kecap atau bisa langsung dimakan gitu aja

Wisata Kuliner Mendoan Kriuk Baturaden, Mendoan Kriuk merupakan makanan khas dari Baturaden, Purwokerto, Banyumas. Saya membeli Mendoan Kriuk tersebut di parkiran atas Baturaden di warung ibu darmi. Tempe Mendoan is one of my favorite snacks when I lived in Jakarta for a short while. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin Tempe mendoan renyah garing kriuk crispy simpel yuk! Terlebih jika mendoan kriuk yang disajikan baru matang dan diangkat dari penggorengan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mendoan kriuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved