Resep Pempek Ikan Patin, Bisa Manjain Lidah

Olga Dean   05/08/2020 16:03

Pempek Ikan Patin
Pempek Ikan Patin

Anda sedang mencari inspirasi resep pempek ikan patin yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek ikan patin yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek ikan patin, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan pempek ikan patin yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Ada ikan patin dikulkas, langsung aja deh bikin pempek ikan patin ala bu Siswaty, selama ini belum pernah bikin pempek menggunakan ikan, karena keseringan bikinnya pempek tanpa ikan (pempek dos), nah ini pertama kalinya bikin pempek pakai ikan, walaupun cuma pakai ikan patin😁. Ada ikan patin dikulkas, langsung aja deh bikin pempek ikan patin ala bu Siswaty, selama ini belum pernah bikin pempek menggunakan ikan, karena keseringan bikinnya pempek tanpa ikan (pempek dos), nah ini pertama kalinya bikin pempek pakai ikan, walaupun cuma pakai ikan. Karena beberapa hari cuaca hujan, jadi pengen yg seger dan pedas.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pempek ikan patin yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pempek Ikan Patin memakai 21 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pempek Ikan Patin:
  1. Sediakan Bahan pempek
  2. Ambil 500 grm ikan patin fillet buang semua duri dan kulitnya. Hingga tersisa daging putihnya saja
  3. Siapkan 300 grm tepung pati/tapioka
  4. Gunakan 200 grm tepung terigu
  5. Siapkan secukupnya Garam
  6. Siapkan 5 siung bawang putih
  7. Siapkan secukupnya Bawang goreng
  8. Gunakan secukupnya Air es
  9. Ambil Bahan cuko
  10. Siapkan secukupnya Air
  11. Gunakan Asam jawa
  12. Gunakan 15 bh Cabai rawit setan
  13. Gunakan 4 bh gula jawa sisir
  14. Siapkan 3 sdt cuka
  15. Siapkan 2 sdm gula pasir
  16. Ambil 2 sdt garam
  17. Sediakan Tambahan
  18. Sediakan Minyak untuk menggoreng
  19. Gunakan Timun
  20. Ambil Mie basah
  21. Gunakan Telur kocok

Bude mengambil ikan patin yang berada di kolam samping rumahnya. Petugas fillet ikan yaitu saya yang amatiran ini kurang pandai memfillet ikan sehingga masih banyak yang tersisa😁. Lihat juga resep Pempek Ikan Patin Lembut dan Kenyal enak lainnya. Cara membuat pempek ikan patin: Cincang halus fillet ikan agar mudah diblendernya.

Langkah-langkah menyiapkan Pempek Ikan Patin:
  1. Blender atau cooper daging ikan patin, air es, bawang yg digeprek dan bawang goreng.
  2. Campurkan ikan halus (usahakan ikan benar benat bersih dari kulitnya, benar benar hanya daging putihnya. Karena kulit ikan patin akan membuat aroma ikan masih menempel. Bukan amis tetapi aroma khas ikan patinnya), tepung tapioka, tepung terigu dan garam. Aduk hungga kalis, tambahkan sedikit air es jika kurang kental.
  3. Bentuk adonan boleh ditambah isian telur kocok atau bentuk lenjer biasa.
  4. Panaskan air hingga mendidih pada panci. Masukkan adonan yang sudah dibentuk. Tunggu hingga mengapung. Angkat tiriskan
  5. Setelah tiris, siapkan minyak panas. Goreng pempek.
  6. Membuat cuko. Rebus air pada panci, masukkan asam matang, gula jawa yg sudah disisir, cuka, gula pasir, garam dan cabai rawit. Tunggu hingga mendidih. Koreksi rasa. Hingga gurih, manis dan masamnya pas.
  7. Siapkan mangkuk. Tata mie basah, pempek yang sudah dipotong potong, mentimun yang sudah dipotong kemudian siram dengan cuko. Hidangkan selagi hangat

Giling fillet ikan bersama dengan es batu, telur, bawang putih sampai halus; Panaskan air untuk merebus tambahkan minyak. Keluarkan fillet ikan yang telah dihaluskan, campurkan tepung tapioka, garam dan penyedap. Lihat juga resep Pempek ikan tenggiri enak lainnya. Dalam pengolahan ikan patin juga sama saja dengan pengolahan ikan lain nya, dan hampir sama untuk membuat pempek Palembang. Rasa gurih yang di dapatkan saat dijadikan kerupuk memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri sehingga banyak produsen yang menggunakan ikan patin sebagai bahan utama nya dalam cara membuat kerupuk ikan patin.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat pempek ikan patin yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved