Resep Pempek Ikan, Enak

Ricky Knight   17/08/2020 16:37

Pempek Ikan
Pempek Ikan

Lagi mencari inspirasi resep pempek ikan yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek ikan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Pempek ikan tenggiri enak lainnya. Umumnya, pempek terbuat dari campuran ikan dan tepung kanji. Pempek merupakan makanan asal Sumatera Selatan, populer hingga berbagai pelosok tanah air, bahkan menyandang status sebagai salah satu olahan ikan terfavorit dari Indonesia.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek ikan, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan pempek ikan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan pempek ikan sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Pempek Ikan menggunakan 13 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pempek Ikan:
  1. Siapkan 1 kg ikan tenggiri giling
  2. Sediakan 1 kg tepung sagu tani
  3. Sediakan 700 ml air
  4. Gunakan 2 sdm garam
  5. Ambil 1 sdm gula
  6. Ambil Kaldu bubuk sckpnya (optional)
  7. Gunakan Bahan cuko:
  8. Gunakan 400 gr gula aren
  9. Ambil 500 ml air
  10. Sediakan 1 sdm asam jawa
  11. Sediakan 50 gr cabe rawit hijau
  12. Siapkan 50 gr bawang putih
  13. Ambil secukupnya Garam

Jenis pempek antara lain pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek bulat (biasa disebut "ada'an"), pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, pempek keriting, ada juga pempek kulit ikan. Pempek dos merupakan pempek yang dibuat tanpa menggunakan daging ikan. Sebagai gantinya, pempek dos ini menambahkan tepung terigu ke dalam adonannya. Pempek dos tetap terasa nikmat dan gurih walau sama sekali tidak menggunakan ikan, karena adonannya sendiri masih memakai campuran telur, penyedap rasa, dan juga kaldu bubuk.

Langkah-langkah menyiapkan Pempek Ikan:
  1. Dalam wadah masukkan ikan tenggiri aduk rata sebentar masukkan air sdkt demi sdkt aduk rata masukkan airnya lg aduk rata lg sambil dimasukkan gula dan kaldu bubuk aduk rata sampai tekstur adonan spt bubur, kemudian masukkan garam aduk rata sebentar saja sampai adonan agak kental lalu masukan tepung sagu sedikit2 aduk hingga rata, tes rasanya.
  2. Taburi tangan dgn sagu,bentuk adonan sesuai selera, jika mau bikin kapal selam isi adonan dgn telur ya.
  3. Didihkan air di panci, beri 1 sdm minyak goreng, rebus pempek hingga mengapung, jika sdh mengapung tanda sdh matang, angkat dan tiriskan.
  4. Cuko : haluskan cabe rawit, bawang putih dan garam, haluskan sampai bnr2 halus. Sisihkan.
  5. Dalam panci masukan air, gula aren dan asam masak hingga mendidih dan gula larut, kemudian saring.
  6. Didihkan lg larutan gula td sekitar 2 menit lalu matikan api kompor. Masukan bumbu halus aduk trs sampai mengental. Koreksi rasanya. Cukonya blh disaring boleh gak. Cuko siap disajikan dgn pempek 😋

Jika ya, langsung saja simak kumpulan cara membuat pempek ikan di bawah ini. Ikan teri adalah jenis ikan yang umumnya dikeringkan dan diawetkan dengan cara ditaburi garam dan dijemur dibawah terik matahari. Resep Empek Empek Ikan Tenggiri yang enak - Sajian kuliner nusantara yang satu ini memang sudah sangat terkenal baik di Indonesia maupun dunia, siapa lagi kalau bukan pempek ikan tenggiri. Empek-empek asli dari Pelembang ini yang menggunakan campuran daging ikan tenggiri sungguh sangat enak, karena rasa dari ikan tenggiri ini cocok sekali jika kita campurkan kedalam adonan pempek. Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Pempek Ikan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved