Bagaimana Membuat Ikan salai (ikan asap) gulai merah ala Ma2 Faiz yang Lezat Sekali

Francis Reese   17/06/2020 13:22

Ikan salai (ikan asap) gulai merah ala Ma2 Faiz
Ikan salai (ikan asap) gulai merah ala Ma2 Faiz

Anda sedang mencari ide resep ikan salai (ikan asap) gulai merah ala ma2 faiz yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan salai (ikan asap) gulai merah ala ma2 faiz yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan salai (ikan asap) gulai merah ala ma2 faiz, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ikan salai (ikan asap) gulai merah ala ma2 faiz enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Manis asam asin pkkny seger bgt. Lihat juga resep Gulai ikan salai (ikan asap) enak lainnya. Nah, Gulai Ikan Asap ini punya sensasi rasa yang berbeda dibandingkan gulai ikan biasa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ikan salai (ikan asap) gulai merah ala ma2 faiz sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Ikan salai (ikan asap) gulai merah ala Ma2 Faiz memakai 20 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ikan salai (ikan asap) gulai merah ala Ma2 Faiz:
  1. Sediakan 500 gr ikan asap (rendam terlebih dahulu sampai agak lembut)
  2. Ambil 20 buah cabe merah
  3. Gunakan 7 btir bawang putih
  4. Siapkan 1 ruas lengkuas (geprek)
  5. Ambil 1 ruas kunyit (geprek)
  6. Gunakan 1 ruas jahe (geprek)
  7. Ambil 3 btg serai (geprek)
  8. Sediakan 4 lbr daun salam
  9. Siapkan secukupnya Terasi
  10. Siapkan 10 btir bawang merah
  11. Siapkan 15 buah cabe rawit
  12. Gunakan 125 gr Gula merah
  13. Ambil 2 bgks santan kara
  14. Sediakan 5 buah kemiri
  15. Ambil 1/2 sdt ketumbar
  16. Ambil secukupnya Asam jawa
  17. Ambil 1/2 buah nanas(potong dadu)
  18. Ambil 1 liter air
  19. Ambil secukupnya Garam
  20. Gunakan secukupnya Gula

Nah, itulah tadi bocoran mengenai resep cara memasak ikan asap gulai yang enak. Gulai kuning ikan merah anda dh siap dan kalau nak tahu jadi ke tak,gulainya tak terlalu pekat dan tak cair,serta tak pecah minyak. Jadi jangan masak dengan api besar tau. Setelah itu keluarkan ikan salai, lalu ikat seluruh ikan menjadi satu lalu angin-anginkan dengan posisi terbalik sambil digantungkan dengan kawat agar airnya menetes dan permukaannya kering.

Cara membuat Ikan salai (ikan asap) gulai merah ala Ma2 Faiz:
  1. Haluskan Cabe, kemiri, bawang, ketumbar. Gerek lengkuas, jahe,kunyit dan serai.
  2. Setelah itu siapkan minyak dan tumis bumbu yang telah dihaluskan
  3. Setelah harum masukan daun salam, serai, lengkuas jahe dan kunyit. Lalu masukkan juga terasi,asam jawa, gula merah dan nanas sampai layu
  4. Tambahkan air, lalu masukkan santan dan garam & gula
  5. Setelah itu masukkan ikan asap dan masak hingga kuah meresap dan ikan menjadi empuk
  6. Ikan salai (ikan asap) gulai merah siap disantap
  7. Selamat mencoba ya bunsay.. Jgn apa like dan recook ya bunn…

Setelah itu susun ikan di atas bakaran atau para-para. Olahan dari ikan asap sebenarnya merupakan masakan khas Riau, banyak sekali masakan Riau yang berbahan dasar ikan asap karena ikan yang satu ini mudah diolah dalam berbagai bentuk masakan. Jika selama ini orang sangat identik dengan gulai kambing, sekarang kita coba resep gulai ikan salai khas Riau. Akhir sekali tambah tomato dan cili hijau masak supaya tomato tak lembik. KREDIT RESIPI & GAMBAR: Makcik Ratu ANDA MUNGKIN MENYUKAI RESIPI INI: Masak Gulai Utara Ikan Termenung Bau Sampai Rumah Sebelah Bersihkan sedikit ikan salai dan toskan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ikan salai (ikan asap) gulai merah ala ma2 faiz yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved