Resep Gulai Ikan Baung Asap yang Lezat Sekali

Mae Frazier   28/08/2020 18:29

Gulai Ikan Baung Asap
Gulai Ikan Baung Asap

Anda sedang mencari ide resep gulai ikan baung asap yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal gulai ikan baung asap yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Berasa nostalgia dengan makanan ini lagi. Dulu waktu masih kerja disana.suka sekali dengan gulai ikan baung asap khas riau. Berasa nostalgia dengan makanan ini lagi.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gulai ikan baung asap, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan gulai ikan baung asap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan gulai ikan baung asap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Gulai Ikan Baung Asap menggunakan 16 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Gulai Ikan Baung Asap:
  1. Ambil 2 Ikan Baung Asap / Boleh Ikan Asap Apa Aja
  2. Sediakan 8 Cabe Merah Keriting
  3. Ambil 6 Cabe Rawit
  4. Sediakan 5 Bawang Merah
  5. Gunakan 4 Bawang Putih
  6. Sediakan 1 Ruas Jahe
  7. Ambil 1 Ruas Kunyit
  8. Ambil 2 Ruas Lengkuas
  9. Sediakan 1 Batang Sereh
  10. Siapkan 2 Daun Salam
  11. Sediakan 1 Bungkus Santan Kemasan (Saya Pakai Kara)
  12. Sediakan Minyak Secukup nya Untuk Menumis
  13. Sediakan Bahan Pelengkap:
  14. Gunakan 1 Ikat Kacang Panjang
  15. Ambil 1 Papan Tempe
  16. Sediakan Gula+Garam+Penyedap

Ikan Baung merupakan sejenis ikan yang masuk dalam kerabat lele. Di Jawa, orang mengenalnya dengan sebutan Ikan Bawon, Singgal, Beong, Tageh, atau Baceman. Di warung makan Gonjor, ikan baung digulai asam dengan rasa yang segar. Gulai asam Ikan Banung akan ditemani rebusan singkong dan daun pepaya serta sambal.

Cara menyiapkan Gulai Ikan Baung Asap:
  1. Potong2 Ikan Asap (dikira2 aja ya) Cuci bersih, kalau saya di cuci pakai air hangat. Setelah itu tiriskan.
  2. Haluskan Cabe+ Bawang+Kunyit+Jahe. Geprek Lengkuas + Serai
  3. Tumis Bumbu Yang Sudah Di Haluskan, masukan Lengkuas,Serai,Daun salam. Setelah Harum Dan Kira2 Bumbu Matang Masukan Santan+ Air. Tunggu Mendidih, Kemudian Masukan Ikan, Kacang Panjang, Dan Tempe. Beri Garam,Gula, Dan Penyedap. Koreksi Rasa Dan Angkat
  4. Jadiii Dehhh… Makan Pake Nasi Hangat… Heemmm Enak Banget..

Cara Membuat Gulai Asam Pedas Baung Khas Melayu. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun kunyit, lengkuas, serai, jahe, daun ejruk, asam kandis dan air, didihkan. Rasanya yang manis, dengan tekstur daging yang padat menjadikan nya istimewa. dan. Gulai lemak cili padi tempoyak ini dimasak oleh Cik gu Asiah, kakak saya menggunakan ikan baung liar yang dibawa balik oleh abang ipar yang sekarang menjadi guru besar di sebuah sekolah di Gua Musang. Cara memasaknya lebih kurang sama dengan masak lemak cili padi Nogori, cuma dimasukkan tempoyak.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Gulai Ikan Baung Asap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved