Bagaimana Membuat Pempek ubi yang Enak

Florence Maldonado   08/09/2020 18:55

Pempek ubi
Pempek ubi

Sedang mencari inspirasi resep pempek ubi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek ubi yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek ubi, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan pempek ubi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Ubi dimasak menjadi masakan manis sudah biasakan bunda 🙊. Kali ini resep ubi dimasak asin gurih renyah 😍 yaitu "Pempek Ubi" alias bakwan ubi jalar 😂, masih bertema ubi karena di rumah masih banyak ubi ketela. Enjoy the videos and music you love, upload original content, and share it all with friends, family, and the world on YouTube.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan pempek ubi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Pempek ubi memakai 13 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Pempek ubi:
  1. Gunakan 1/2 kg ubi jalar
  2. Siapkan 1/2 kg tepung terigu
  3. Siapkan 4 siung bawang putih
  4. Siapkan 3 batang daun bawang
  5. Siapkan Royco
  6. Gunakan Garam
  7. Siapkan Bahan kuah cuko :
  8. Gunakan 1/4 kg Gula merah iris halus
  9. Gunakan 2 bh cabe merah, 6 bh cabe rawit (boleh lebih klo mau pedas)
  10. Siapkan 3 bawang putih
  11. Sediakan 1 sdm Asam jawa
  12. Ambil 1 sdm gula pasir
  13. Siapkan sedikit Garam

Punya kuah pempek berlebih, tapi rasanya kok tak sempat lagi untuk membuat adonan pempek. Disimpan, sepertinya malah akan tak termakan - berarti mubadzir juga-. Di palembang kami menyebut umbi ini sebagai ubi kayu. Selain di masak dengan cara di goreng, di jadikan bahan utama pembuatan combro, misro, pepes ubi /lapel ubi/lemet/ketimun, ibu saya dan teman saya suka sekali menjadinya empek - empek /pempek singkong.

Langkah-langkah menyiapkan Pempek ubi:
  1. Potong ubi memanjang, sisihkan
  2. Dalam wadah campur tepung terigu, bawang putih yg telah dihaluskan, irisan daun bawang, ubi, beri air sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Tambahkan royco n garam aduk rata. Cek rasa
  3. Diamkan 15 menit biar bumbu meresap. Ambil sesendok lalu goreng hingga kuning keemasan.
  4. Kuah cuko : rebus air 6 gelas + cabe rawit, cabe merah, bawang putih yang telah dihaluskan, hingga mendidih. Masukkan gula merah + air asam jawa, gula pasir, garam, rebus hingga agak mengental. Saring air cuko.
  5. Siap disantap 😊

Keberadaan pempek sebagai salah satu makanan tradisonal khas Indonesia memiliki rasa yang enak, nikmat, bergizi, lezat, dan juga mengandung banyak protein dan vitamin yang berasal dari bahan utamanya yaitu ikan dan telur, dan memang telah dikenal dari masa kemasa, sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Ngabisin stok ubi jalar, entah udah berapa minggu itu ubi jalar ngedeprok di tampah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pempek ubi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved