Resep Ati Kentang Balado Santan, Lezat

Jeremiah Diaz   06/08/2020 07:02

Ati Kentang Balado Santan
Ati Kentang Balado Santan

Lagi mencari ide resep ati kentang balado santan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ati kentang balado santan yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Kentang balado santan enak lainnya! Lihat juga resep Balado ati ampela + kentang enak lainnya. Sambal goreng kentang ati ampela balado ini termasuk menu yang popular di Indonesia.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ati kentang balado santan, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ati kentang balado santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ati kentang balado santan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ati Kentang Balado Santan memakai 19 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ati Kentang Balado Santan:
  1. Gunakan 1/4 kg Ati Ayam
  2. Gunakan 2 Kentang
  3. Gunakan 1 Santan Kara
  4. Sediakan Gula Pasir (Secukupnya)
  5. Gunakan Royco Sapi (Secukupnya)
  6. Ambil Garam (Untuk Rebusan Ati)
  7. Ambil Asam Jawa / Kandis (Untuk Rebusan Ati)
  8. Gunakan Air (Secukupnya)
  9. Gunakan 🌿 Bumbu yang dihaluskan :
  10. Gunakan Cabe Merah 5 (Kalau mau pedas bisa tambah)
  11. Siapkan 6 Bawang Merah
  12. Ambil 4 Bawah Putih
  13. Sediakan 1 Kemiri
  14. Gunakan Ketumbar (Sedikit Saja)
  15. Siapkan 1/2 Tomat Apel
  16. Siapkan 🌿 Pengharum bumbu :
  17. Ambil 1 Sereh
  18. Ambil Lengkuas / Laos (Sedikit)
  19. Ambil 2 Daun Salam

Siapkan wajan kemudian anda panaskan dengan api sedang. Setelah minyak panas anda goreng terlebih dahulu beberapa bahan masakan yakni kentang dan ati ampela sampai matang, namun pastikan goreng secara terpisah dan tidak sekaligus disatukan. Berikut ini ada dua variasi cara membuat sambal goreng kentang, baik yang enak gurih pakai santan maupun enak sederhana tanpa santan. Resep sambal goreng kentang merupakan masakan yang banyak digemari bahkan sering hadir dalam hidangan prasmanan dalam acara kondangan pernikahan atau hajatan dan acara lainnya hingga sajian spesial lebaran.

Cara menyiapkan Ati Kentang Balado Santan:
  1. Setelah cuci ati ayam, kemudian di rebus ke dalam air yg sudah di kasih asam & garam secukupnya, setelah direbus kemudian ati di goreng (jangan terlalu garing), setelah itu kentang pun di potong2 dadu kemudian di goreng
  2. Tumis bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng kemudian masukan sereh, lengkuas dan salam, tumis sampai bumbu menjadi warna tua (tidak bau mentah), setalah bumbu mengering masukan santan kara & setelah bungkus kara tersebut kosong masukan air kedalam bungkus kara tsb sebanyak 1x, kemudian tumis hingga mengering (santan berubah warna keluar seperti minyak2 gitu) 😁… masukan juga gula dan royco secukupnya
  3. Setelah bumbu siap, baru masukan ati ayam dan kentang nya… selamat mencoba 🥰

Setelah itu anda tuang santan ke dalam wajan masakan anda secara perlahan dan jangan lupa sembari diaduk agar tidak pecah. Selanjutnya baru anda masukan juga kentang, ati ampela serta pete ke dalam wajan masakan anda, lalu aduk rata. Lalu masukan beberapa bahan berupa seperti garam, gula merah dan gula pasir, kemudian aduk dan masak sampai. Keyword balado kentang goreng, Kentang goreng, sambal goreng kentang. Masukkan santan kedalam tumisan dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur..

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ati Kentang Balado Santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved