Cara Gampang Menyiapkan Gulai Manyung Asap, Lezat

Caroline Byrd   14/08/2020 09:33

Gulai Manyung Asap
Gulai Manyung Asap

Lagi mencari ide resep gulai manyung asap yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal gulai manyung asap yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai manyung asap, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan gulai manyung asap yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Gulai Manyung Asap Deliana Waas SALATIGA. Lihat juga resep Gulai kepala manyung enak lainnya. Ya, pada kesempatan ini County of Food akan membahas resep gulai berbahan ikan manyung.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah gulai manyung asap yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Gulai Manyung Asap memakai 16 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Gulai Manyung Asap:
  1. Gunakan 7-10 ptg ikan manyung asap
  2. Gunakan 3 lembar daun jeruk
  3. Sediakan 1 bks kecil santan kara
  4. Ambil 1 buah tomat merah bagi 8
  5. Gunakan Bumbu Halus
  6. Gunakan 5 buah kemiri
  7. Gunakan 6 buah cabe kriting
  8. Siapkan 6 buah cabe rawit (3 ulek halus, 3 biarkan utuh)
  9. Siapkan 7 siung bawang merah
  10. Siapkan 2 siung bawang putih
  11. Ambil Seruas jempol jahe
  12. Siapkan 3 ruas kunyit
  13. Sediakan 1 buah sereh
  14. Siapkan Gula, garam, penyedap
  15. Siapkan Pelengkap (Optional)
  16. Gunakan 1 lembar daun kunyit iris halus

Karena tempatnya yang tak terlalu besar, banyak orang yang lebih memilih untuk memesan. Langkah terakhir, silahkan Anda masukkan ikan manyung asap. Masaklah sampai bumbunya meresap sempurna, masukkan cabe hijau, serta cabai rawit utuh, Jika rasanya sudah pas, sajikan. Cara Memasak Ikan Manyung Nikmat dan Lezat - Ikan manyung meruakan salah satu jenis ikan laut, yang mempunyai rasa asin.

Langkah-langkah menyiapkan Gulai Manyung Asap:
  1. Tumis bumbu halus, sereh, tomat dan daun jeruk hingga wangi.
  2. Masukan ikan manyung asap, aduk rata dan tambahkan air kurang lebih 1 gelas (bisa lebih), karna saya mau kuahnya kental jd saya pakai 1 gelas saja
  3. Biarkan mendidih dan bumbu setengah meresap. Masukan cabe rawit utuh. Kemudian tambahkan santan, aduk rata. Didihkan dengan api kecil dan terus di aduk agar santan tidak pecah
  4. Ketika sudah mendidih dan meresap matikan api dan Masukan daun kunyit (aromanya khas dan saya suka, bisa diskip kalo tidak suka ya). Aduk rata. Siap dihidangkan

Ikan manyung ini mendapat julukan atau bisa pula disebut dengan ikan asin jambal roti. Bagi anda yang ingin mengolah ikan manyung ini tentunya anda membutuhkan resep ikan manyung yang tepat untuk menghasilkan rasa yang lezat serta nikmat. Adipose fin, yaitu sirip tambahan yang berupa lemak terletak dibelakang sirip dorsal dan tidak berhubungan. Sirip punggung, dada, dan dubur masing-masing berjari - jari keras satu dan mengandung bisa/racun. Pindang ikan salai, asam pedas salai, gulai salai, sambal ikan salai, sayur salai dan banyak lagi bahan dasarnya dari ikan salai yang saat ini menjadi menu utama dalam keseharian masyarakat.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan gulai manyung asap yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved